Juara Film, Obsesi Sutradara Profesional

  • 01-05-2018 / 22:52 WIB - Editor: febri s
  • Uploader:irawan
  • dibaca:596
 Juara Film, Obsesi Sutradara Profesional Charisiola Matta Enda berpose pada salah satu sudut basecamp Kaliwatu Grup karena keinginan belajar wirausaha. (Guest Gesang/Malang Post)

BATU - Charisiola Matta Enda, siswa SMKN3 Batu harus mengaplikasikan ilmu dalam hobinya untuk mendapatkan prestasi. Dia bersama timnya baru memenangkan lomba film pada  Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FSL2N) di Kupang, pekan lalu. Dia berobsesi menjadi sutradara atau pemeran film profesional untuk meneruskan hobinya itu.

 

‘’Syukur, kami bisa menjadi juara dalam FSL2N melalui karya film yang berjudul DOT VLOG-Jaling. Kami harus presentasi di hadapan juri dan peserta lain dari 34 provinsi saat di Kupang,’’ ungkap Charisiola Matta Enda kepada Malang Post.

 

Menurutnya, DOT VLOG-Jaling merupakan fil berdurasi 10 menit karya dia bersama sembilan temannya di SMKN 3 Batu. Mereka antara adalah Adzkiya Uzair, Aris Tristianto, Galih Krisna, Cindi Tamara, Yoga Ananda, Adonis Zolio, Reka Ayu, Kevin Dio, dan Rizka Puspitasari. Pengambilan gambar dilakukan di Kota Batu dengan mengambil lokasi Alun-alun, sebuah rumah di Sidomulyo dan SMKN 3 Batu.

 

‘’Semua proses dilakukan selama sebulan. Proses diawali dengan pembuatan naskah, pengambilan gambar hingga editing,’’ tambah perempuan tinggal diJalan Arjuno Kota Batu ini.

 

Film itu bercerita tentang Tias yang hobi membuat vlog dan dikirim ke youtube. Saat berkunjung ke Kota Batu, dia melihat Sekar biasa mengamen dengan jaranan keliling. Dia sempat mengikuti Sekar pulang, dan ternyata hasil mengamen dengan jaranan digunakan untuk biaya ibunya yang sakit stroke.

 

Melihat kehidupan Sekar, Tias kemudian membantunya dengan membuat Vlog dan dikirim ke Youtube. Hasilnya, Sekar mendapat simpati luar biasa sehingga sering diundang untuk manggung untuk mendapatkan hasil tambahan lebih.

 

Dalam film ini, Tias diperankan oleh Charisiola, sedangkan Sekar diperankan siswa lain di SMKN 3 Batu. Charisiola sudah memiliki pengalaman untuk bermain film. Sebelumnya, dia berperan sebagai Inan kecil dalam film 9 Summers 10 Autumns. Film ini diambil dari novel yang ditulis Iwan Setyawan, warga Kota Batu.

 

‘’Membuat film atau masuk dalam senin peran kini menjadi hobi. Bagaimana hobi ini menjadi prestasi, semua itu yang harus saya lakukan,’’ terang siswa yang sedang membidik jurusan Psikologi UM ini.

 

Dua bersaudara pasangan Rudi Kurniawan dan Ika Juita ini berobsesi menjadi sutradara hingga pemain film profesional. Sembari menempuh jurusan Psikologi, nantinya,   dia akan bergabung dengan kine club untuk memperdalam perfilmen.

 

‘’Menjadi psikolog, saya akan memahami aneka permasalahan orang lain. Kisah-kisah kehidupan nyata itu tentu akan menarik

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA