Arus Padat, Tak Gunakan Jalur Searah

  • 01-05-2018 / 23:00 WIB - Editor: febri s
  • Uploader:irawan
  • dibaca:201
Arus Padat, Tak Gunakan Jalur Searah Arus lalu lintas di Jalan Diponegoro Kota Batu sangat padat hari libur, kemarin. (Guest Gesang/Malang Post)

BATU – Libur 1 Mei dimanfaatkan wisatawan berwisata ke Kota Batu, kemarin. Kondisi ini menjadikan jalanan di Kota Batu sangat padat, terutama sore hingga malam hari. Itu karena sebagian besar wisatawan datang Senin (30/4) sore atau menginap cukup lama sejak Minggu (29/4) lalu.

 

Andi Anton, salah satu wisatawan asal Kota Surabaya menyebutkan, dia mendatai jalanan masih lancar saat dia tiba di Kota Batu, sekitar pukul 10.00 kemarin. Dia yang datang bersama keluarga kemudian melakukan kunjungan ke objek wisata Jatim Park Grup.

 

Namun kondisi itu berbeda ketika dia keluar dari objek wisata dan hendak kembali ke Surabaya sekitar pukul 15.00. Dia mendapati jalan-jalan utama di kota wisata itu sudah penuh. ‘’Tadi pagi jalanan lancar karena sepi. Saya mengira pengunjung Kota Batu tidak banyak seperti liburan biasanya. Namun sore, jalanan utama malah sangat padat,’’ tegas Andi Anto kepada Malang Post.

 

Dia memperkirakan, wisatawan sudah datang ke Kota Batu dan menginap sejak sehari sebelum libur kemarin. Pagi kemarin, mereka masih di hotel atau sudah masuk objek wisata. Sedangkan sore hari, mereka check out hotel atau keluar objek wisata sehingga arus lalu lintas menjadi padat.

 

Sementara itu Imam Suryono, PltKepala Dinas Pariwisata Kota Batu menilai, wisatawan ke Kota Batu malahan banyak datang sejak Sabtu atau Minggu. Mereka melakukan sejumlah aktivitas kemudian kembali ke daerahnya masing-masing, kemarin.

 

‘’Banyak perusahaan atau tamu corporate melakukan kegiatan meeting di hotel sejak Sabtu atau Minggu. Setelah beberapa hari di Batu, mereka baru kembali hari ini (kemarin). Kondisi ini menjadikan jalanan padat karena wisatawan pulang pada jam bersamaan,’’ terangnya.

 

Meski jalanan padat, Dinas Perhubungan atau Polres Batu tidak memberlakukan sistem satu jalur untuk Jalan Patimura, Dewi Sartika, Agus Salim dan Imam Bonjol. Kondisi itu berbeda dengan weekend atau long weekend, karena pasti ada pemberlakukan jalur satu arah.

 

‘’Arus memang sangat padat, namun tidak macet total. Kalau macet total, tentu akan diberlakukan jalur satu arah,’’ terang Susetyo Herawan, Kepala Dishub Kota Batu. (feb)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA