Kota Malang Berprestasi Terbaik Nasional

  • 26-04-2018 / 20:51 WIB - Editor: Muhaimin
  • Uploader:slatem
  • dibaca:344
Kota Malang Berprestasi Terbaik Nasional Asisten Administrasi Pemerintah Kota Malang Abdul Malik bersama Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono, usai menerima penghargaan kota berprestasi paling tinggi tingkat nasional.

MALANG – Prestasi gemilang terus diraih Kota Malang. Jika sebelumnya Kota Malang dinobatkan MarkPlus, Inc  sebagai Public Service Of The Year Provinsi Jawa Timur 2018. Rabu (25/4) kemarin, Kota Malang ditetapkan sebagai kota berprestasi paling tinggi tingkat nasional pertama dari 10 kota yang mendapatkan penghargaan dari Mendagri ini.

Penghargaan itu menjadi penghargaan kinerja kota terbaik secara nasional. Kota Malang berada pada peringkat pertama, disusul Kota Makasar diperingkat kedua, dan Kota Surabaya menjadi peringkat ketiga.  Penghargaan itu diterima Asisten

Administrasi Pemerintah  Kota Malang Abdul Malik bersama Kabag Pemerintahan Dicky Haryanto dan Kabag Humas Pemkot Malang M Nurwidianto  di Hotel Sultan Jakarta, pada malam apresiasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang digelar Kemendagri.

” Penghargaan ini buah kerja bersama yang terjalin antara antara pemerintah dengan masyarakat. Selama ini, masyarakat Kota Malang selalu memberikan dukungan dengan sangat baik,’’ kata Asisten Administrasi Pemerintah  Kota Malang Abdul Malik.

Dijelaskannya, inovasi kuat hadir di Kota Malang dan keterlibatan warga kota Malang dalam pembangunan juga sangat tinggi. Penilaian penghargaan itu berdasarkan inovasi yang dilakukan daerah, serta  tingkat partisipasi dan derajat daya serap masyarakat terhadap program daerah,

Banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Malang selama ini, mulai dari pelayanan publik yang dilakukan secara online, kampung tematik sebagai bukti nyata partisipasi masyarakat dalam pembangunan wilayah, penataan taman-taman kota yang ramah publik, ramah anak dan perempuan, serta inovasi lainnya.

Kabag Humas Pemkot Malang M. Nurwidianto menambahkan, banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Malang. Selain yang tersebut, ada juga pelaksanaan otonomi award kelurahan dan kecamatan, kampung bersinar yang menumbuhkan semangat masyarakat dalam menghijaukan wilayahnya. “Hal itu menjadi bagian dari partisipasi yang nyata dari masyrakat. Karena langsung digerakan masyarakat,” terangnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono  menegaskan, otonomi daerah didorong untuk memperkuat program program nasional (red. nawacita). ”Ada 3 (tiga) hal yang kita dorong untuk mampu ditumbuhkan di daerah sebagai penopang mensukseskan program nasional,  yakni daya inovasi,  tingkat partisipasi dan derajat daya serap masyarakat terhadap program daerah, ” kata Soni.

Mengawali prosesi simbolis penyerahan penghargaan kinerja pemerintah daerah.
Soni mengatakan, penilaian tak hanya dilakukan Kemendagri, tapi lintas kementrian.. ”Jadi ini gawe besar,  bukan hanya dari kacamata Kemendagri tapi juga penilaian yang melibatkan kementerian lainnya,  ”imbuh Dirjen Otoda tersebut.  (ira/aim/*/hms)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA