Lomba Robot di Polinema Uji Kreatifitas Mahasiswa

  • 02-05-2018 / 19:22 WIB - Editor: marga
  • Uploader:marga
  • dibaca:227
Lomba Robot di Polinema Uji Kreatifitas Mahasiswa UKUR: Peserta dibantu panitia melakukan pengukuran bola setle emas dan normal untuk robot ABU, pada Trial tadi siang

MALANG- Seluruh peserta kontes robot Indonesia (KRI) regional IV, berjibaku dengan robotnya sebelum siap bertanding di Graha Polinema. Mereka melakukan trial guna mempersiapkan sekaligus menyeleksi robot sebelum bertanding sesuai dengan regulasi yang ada.

“Peserta harus memperhatikan berat, dimensi, panjang, tinggi serta tegangan listrik yang digunakan pada robot,” ujar salah satu regu KRI, Dr Wahidin Wahab yang ditemui Malang Post (induk malangpostonline.com). Dosen dari Universitas Indonesia ini mengaku pada tahapan trial, terdapat tiga sesi yang digunakan untuk latihan peserta robot.

Dalam evaluasinya, ada beberapa peserta yang memiliki robot terlalu panjang dan terlalu berat. Maka sesuai dengan aturannya, peserta wajib untuk memotong maupun mengurangi beban. Peserta cenderung merancang robot yang panjang.

“Akan diberikan kesempatan kepada peserta untuk memperbaiki robot. Jika terlalu panjang, robot harus  dipotong. Jika terlalu berat komponen harus dikurangi. Biasanya robot terlalu berat karena desain memakai motor dan baterai,” ungkapnya.

Pria berkacamata ini juga membeberkan, Jika tidak memenuhi syarat, peserta tentu akan didiskualifikasi. Pada tahapan trial ini, banyak aspek yang diperhatikan salah satunya area kompetisi. Selain itu, lomba robot bertujuan untuk menguji kreatifitas mahasiswa, sehingga mereka harus mempunyai metode yang lazim digunakan dan terus mempelajari dengan benar batasannya.

“Untuk area, sudah cukup bagus dengan cat yang lebih tahan lama. Biasanya saat diujicobakan, ada robot yang ketika berjalan, catnya terkelupas, tentu ini harus diperhatikan,” tandasnya. Sebelumnya, para peserta melalui tahap seleksi mulai dari proposal pengajuan, dilanjutkan dengan tahap penyaringan tim robot.

Ini untuk menuju tingkat nasional maupun internasional melalui KRI yang dilaksanakan dalam beberapa regional.
Polinema menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV yang terdiri dari 41 perguruan tinggi dari berbagai wilayah mulai dari Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

KRI 2018 terdiri dari lima divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. (mg3/mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA