KWJ Tambah Spot Selfie

  • 13-06-2018 / 10:50 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
KWJ Tambah Spot Selfie SPOT BARU: Taman payung menjadi salah satu yang baru di Kampung Warna-Warni Jodipan. Ornamen payung ini siap menyambut wisatawan lebaran yang datang ke KWJ. (IRA RAVIKA/MALANG POST)

MALANG – Jelang lebaran, Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ) mulai berbenah untuk menyambut kedatangan wisatawan. Salah satunya dengan menambah taman payung dan lukisan tridi di tiga rumah warga bergambar kepala singa, lukisan dua burung elang, dan lukisan ayunan.

Khotik Mulyana Koordinator tiket KWJ  mengatakan, tiga lukisan itu merupakan karya warga. Warga gotong royong membuat lukisan agar Kampung Warna-Warni Jodipan ini tetap keren, dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

”Sejak dibuka tahun 2016 lalu, lukisan ditembok ini sudah ganti lebih empat kali. Sengaja kami melakukan itu karena kami ingin pengunjung tak sekali datang, dan mereka tidak merasa bosan,’’ kata Khotik kepada Malang Post, kemarin.

Tiga lukisan itu dibuat dengan dana swadaya. Menurutnya, mereka menyisihkan sebagain uang dari penjualan tiket masuk untuk melakukan perbaikan, termasuk membuat atau mengubah lukisan.

Tak terkecuali dengan taman payung yang ada di sebelah barat, dikatakannya merupakan hasil karya warga. ”Di pintu masuk barat ini juga ada ornament ketupat. Warga juga yang membuat,’’ terangnya.

Dengan adanya sesuatu yang baru itu, warga Kampung Warna-Warni pun siap dengan kedatangan para pengunjung.

Ditambahkannya, lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Terutama saat hari Hari Raya Idul Fitri. Tahun sebelumnya hari H lebaran, pengunjung masuk secara bebas dan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Sementara tahun ini, pengunjung tetap dikenakan tiket masuk.

”Kemarin sudah dirapatkan dengan ketua RW, yang menawarkan kepada pengelola, boleh buka dengan menjual tiket boleh juga tidak,’’ ungkapnya.

Pada lebaran lalu, pengunjung cukup ramai. Terlebih setelah ashar, mereka akan berbondong-bondong berdatangan. ”Tahun lalu jumlah pengunjungnya dari pagi sampai sore hari mencapai 1500 orang. Tahun ini kemungkinan bertambah, apalagi dengan banyaknya lukisan baru,’’ ungkapnya.

Sedangkan untuk hari ke 2 lebaran, pengunjung membludak. Pengalaman tahun lalu, tiket yang terjual pada H+lebaran jumlahnya lebih dari 45 bendel. ”Perbendel isinya 100 tiket. Kalau 45 bendel, bisa dikalikan,’’ ungkapnya, sembari menyebutkan tahun ini harga tiket masuk KWW adalah 3000 per orang. .

Selain lukisan dan taman payung, jembatan kaca masih menjadi favorit para pengunjung. Dan itu juga terlihat kemarin, para pengunjung berebut naik, untuk kemudian melakukan foto selfie. Diantara para pengunjung tak hanya dari lokal saja. Melainkan banyak diantarannya dari luar negeri. (ira/aim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA