Kenalkan Sosok Ki Hajar Dewantara ke Siswa SLB

  • 03-05-2018 / 16:24 WIB - Editor: febri s
  • Uploader:irawan
  • dibaca:489
Kenalkan Sosok Ki Hajar Dewantara ke Siswa SLB Siswa SLBN Kota Batu berpose bersama setelah mengikuti lomba Fashion Show merayakan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional, kemarin. (Kerisdianto/Malang Post)

BATU - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati dengan berbagai cara di Kota Batu, Rabu (2/5) kemarin. Tidak hanya pejabat pemerintahan hingga siswa normal, siswa SLBN juga ikut merayakan. Anak-anak SLBN Kota Batu ini mengikuti aneka lomba, mulai fashion, mewarna, mengarang puisi hingga pengenalan sejarah.

Untuk mengarang puisi dan pengenalan sejarah, siswa SLBN ini dikenalkan dengan sosok Ki Hajar Dewantara dan RA Kartini. Dalam perayaan lomba, bukan hanya 100 siswa semua jenjang SLBN ikut. Tetapi orang tua siswa sangat antusias mengikuti lomba, terutama fashion show di sekolah berlokasi di Dusun Banaran, Bumiaji, Kota Batu ini.

Kemariahan, kekompakan dan antusiasme dari siswa bergaya model profesional. Begitu juga dengan orang tua melenggak-lenggok depan dewan juri dan seluruh peserta. Dengan bergantian, siswa dengan orang tua berjalan dengan mengenakan busana daerah.

Pemenang lomba kategori busana bertema Kartini, Heni Kusumawati dan Nawal Sarwa Putri Efendi siswi kelas IV mengaku bangga bisa berlenggok-lenggok.

"Kami pakai baju ala Kartini. Sebelumnya, saya dandan sejak pagi salama dua jam. Perasaanya senang dan bangga bisa cantik bersama putri saya," ujar Heni kepada Malang Post.

Perasaan yang sama juga ditunjukkan Nawal Sarwa Putri Efendi. Ia mengaku sangat senang bisa dandan cantik. "Senang bisa sama ibu dandan bareng," ujarnya sembari tertawa.

Tak berbeda dengan Zidane Muzaki, siswa kelas X SMA SLBN Kota Batu ini. Selain ikut dalam lomba fashion show dengan busana Malangan, ia juga bangga bisa meraih juara dua lomba mengarang puisi Kartini. "Menyenangkan dan bangga saya bisa meraih prestasi. Meski saat pelaksanaan panas matahari menyengat sekali, semuanya terbayar tuntas," beber Zidane.

Sementara itu Kepala SLBN Kota Batu, Siti muawanah Mariyam mengatakan, bahwa rangkaian berbagai perlombaan yang dilaksanakan ditujukan untuk memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional.

"Peringatan kali ini sangat special karena orang tua juga terlibat. Begitu juga lomba, memiliki banyak pesan untuk diserap orang tua dan siswa," ungkap Anna kepada Malang Post.

Ia menjelaskan, dengan diadakan perlombaan fashion show, lomba mewarna, lomba mengarang puisi hingga narasi pengenalan sejarah pihaknya ingin mengenalkan peran R.A Kartini dan Ki Hajar Dewantara atas jasanya. "Seperti lomba mengarang puisi dan narasi pengenalan sejarah mendorong siswa untuk terus mengenal sejarah," pungkasnya. (eri/feb)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA