Masuk Kemarau, Dingin Tembus 12 Derajat Celsius, BRRRRRR.....

  • 03-05-2018 / 21:55 WIB - Editor: vandri battu
  • Uploader:slatem
Masuk Kemarau, Dingin Tembus 12 Derajat Celsius, BRRRRRR..... Kawasan Gunung Banyak di Kota Batu merupakan salah satu lokasi yang suhu udaranya menurun pada musim kemarau. (Ipunk /MP)

Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menambahkan jika peralihan ke musim kemarau ini biasanya berdampak pada bencana alam seperti kebakaran hutan. Untuk Kota Batu sebelumnya pernah terjadi di beberapa titik seperti di Gunung Panderman. Selain kebakaran hutan, bencana alam yang diwaspadai yakni angin kencang. 

Cuaca dingin langsung direspon Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Sebab perubahan suhu akan menimbulkan pengaruh bagi kesehatan warga. “Tetap yang rawan ISPA. Warga sebaiknya menjaga kondisi tubuh, pola makan dan istirahat yang teratur,” imbau Kepala Dinkes Kota Malang Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari MM kemarin.

Pasalnya ISPA merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang penyebarannya akan mudah jika angin dan suhu udara cenderung dingin. Lalu kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh serangan langsung ke saluran pernapasan bagian atas melalui mata, mulut dan hidung.

“Penggunaan masker perlu diperhatikan. Keluar dan berpergian jauh gunakan pelindung mata seperti kacamata, masker, jaketan juga lebih baik,” tandas

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang J Hartono mengatakan warga Kota Malang harus siaga dalam cuaca apapun beberapa bulan kedepan.“Karena telah memasuki musim kemarau, biasanya kewaspadaan harus lebih ditingkatkan pada antisipasi kebakaran dan penyebab-penyebabnya,” papar Hartono. (ica/big/eri/van)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA