167 CJH Belum Lunas BPIH, Ditunggu Yaa..

  • 03-05-2018 / 21:59 WIB - Editor: vandri battu
  • Uploader:slatem
  • dibaca:640
167 CJH Belum Lunas BPIH, Ditunggu Yaa.. CJH Kota Malang menyerahkan berkas pelunasan BPIH di Kantor Kemenag Kota Malang kemarin. (IRA RAVIKA/MP)

MALANG - 167 calon jamaah haji (CJH) di Malang Raya belum melakukan Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Haji (BPIH). Rinciannya di Kota Malang sebanyak 121 CJH, Kabupaten Malang 37 CJH dan sebanyak 9 CJH di Kota Batu. Jika mereka tak melunasi Jumat (4/5) maka dinyatakan gagal berangkat tahun ini.

Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenang Kota Malang, H Amsiono mengatakan,  dari 1.194 kuota haji Kota Malang, yang sudah melunasi sebanyak 1.015 jamaah. Sedangkan  121 jamaah lainnya hingga kemarin belum bisa dihubungi.

Amsiono mengatakan, sebenarnya bank tempat para jamaah mendaftar yang wajib menghubungi. Namun demikian, pihak Kemenag juga turun tangan untuk menghubungi.

”Kami masih menunggu hingga besok (hari ini). Jika mereka tak datang, maka mau tak mau keberangkatan mereka ditunda tahun depan,’’ kata pria yang juga menjabat Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Malang ini.  

Sementara itu, lanjut dia, 58 calon jamaah haji lainnya dinyatakan batal berangkat tahun ini. Dari  58 jamaah tersebut, 10 di antaranya meninggal dunia. Selebihnya menunda dengan berbagai alasan. 

”Yang meninggal dunia, nomor porsinya tetap ada dan bisa digantikan oleh pihak keluarga. Hanya saja tidak bisa berangkat tahun ini tapi tahun depan atau tahun-tahun selanjutnya,” kata dia. Jamaah pengganti, lanjut Amsiono wajib datang ke Kemenag untuk melakukan pembaruan berkas.

Berdasarkan jadwal, pelunasan tahap kedua akan dibuka pada 16-25 Mei mendatang. Namun jamaah haji pemilik nomor porsi tahun ini tapi tak bisa melunasi di tahap pertama, maka mereka pun terpaksa harus menunda. Itu karena tidak melunasi di tahap pertama, maka tak dapat melunasi di tahap ke dua.

Menurut Amsiono, pelunasan tahap kedua diperuntukan kepada jamaah yang gagal sistem, untuk jamaah yang sudah pernah berhaji, penggabungan jamaah dan jamaah cadangan.

”Gagal sistem ini maksudnya, jamaah yang memiliki nomor porsi, dan melakukan pelunasan, tapi ditolak karena syaratnya kurang, atau hasil tes kesehatannya tak bisa dientri. Nah mereka bisa mendaftar ke tahap dua. Tapi selain empat kategori tersebut, tak boleh,’’ katanya.

Di Kabupaten Malang, tercatat 37 CJH yang belum melunasi BPIH. Mereka ditunggu hingga hari ini. Jika tak melunasi maka dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Malang, H Sonhaji mengatakan, sore nanti akan diketahui secara pesis CJH di wilayahnya yang berangkat. Namun sampai kemarin siang,

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA