SMK Penerbangan Angkasa Singosari, Cetak Lulusan Unggul dan Berkarakter

  • 03-05-2018 / 22:23 WIB - Editor: Mahmudi
  • Uploader:irawan
  • dibaca:688
SMK Penerbangan Angkasa Singosari, Cetak Lulusan Unggul dan Berkarakter Siswa-siswi kelas XII SMK Penerbangan Angkasa Singosari mencium bendera dan menerima surat kelulusan dari ketua prodi pada pengumuman kelulusan, kemarin. (Imam/malang post)

MALANG- Hari ini Jumat (4/5), siswa kelas XII SMK Penerbangan Angkasa Singosari diwisuda. Sebanyak 149 akan dikukuhkan, sebagai lulusan tahun pelajaran 2017-2018. Bertempat di Hotel Solaris Karangploso Malang, acara pelepasan akan dihadiri orangtua siswa.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Kamis (3/5) kemarin, para siswa kelas XII menerima pengumuman kelulusan. Diawali dengal apel singkat yang dipimpin langsung Kepala SMK Penerbangan Angkasa. Setiap siswa menerima amplop yang berisi surat keputusan dan ketetapan, mereka lulus atau tidak.

Sembari diiringi musik drum band, siswa membuka amplop tersebut tepat pukul 10.20 WIB. Luapan kegembiraan pun terlihat saat semuanya dinyatakan lulus. Diantaranya bahkan ada yang menangis karena terharu. 

Kepala SMK Penerbangan Angkasa Singosari, Dzulkifli Effendi, ST berharap lulusan SMK Penerbangan Angkasa menjadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah dalam mencapai sukses.  Oleh karenanya, selama tiga tahun siswa dididik dengan disiplin yang ketat. "Tidak ada alas an siswa untuk santai. Karena selama belajar disini mereka dikejar target, tugas harus selesai tepat waktu.  Apalagi mereka yang kelas akhir," katanya.

Dzulkifli mengakui, selama kepemimpinannya di SMK Penerbangan, semua aturan dibuat semakin ketat.  Ia tidak mentolerir siswa yang tidak bertanggungjawab pada tugas dan kewajibannya. "Karena semakin diberikan toleransi, aturan itu akan semakin tidak diindahkan," ujarnya.

Ketatnya aturan yang diterapkan sekolah bukan tanpa alasan. Menurut Dzulkifli, penegakan disiplin di lingkungan SMK Penerbangan Angkasa semata mata untuk kebaikan siswa sendiri.  "Kalau di sekolah mungkin masih dibantu guru dan orangtua.  Tapi ketika masuk dunia kerja,  setiap orang akan bertanggungjawab pada dirinya sendiri. Maka kami perlu siapkan kemandirian mereka sejak di masa sekolah," terangnya.

Selama ini SMK Penerbangan Angkasa Singosari memiliki motto bahwa sukses bisa dicapai dengan kedisiplinan. Hal inilah yang mendasari pembentukan karakter peserta didiknya. System  pendidikan yang diajalankan, sejauh ini bertujuan untuk mencetak bibit-bibit unggul yang dapat diandalkan.  Baik oleh keluarga, bangsa dan negara.  "Oleh karena itu saya tidak ingin meluluskan siswa apa adanya.  Tapi lulusan yang benar-benar siap bersaing di dunia nyata," imbuhnya.

Selain menyiapkan kualitas dari segi output lulusan, SMK Penerbangan juga berupaya menjalin relasi dan networking dengan para steak holder, industri dan perguruan tinggi.  Tujuannya agar sekolah selalu up great terhadap informasi terkini yang berkaitan dengan kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan industri.

Kepada para lulusan, Dzulkifli menghimbau agar tetap menjadi manusia

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA