Kembalikan Kejayaan Keramik Dinoyo

  • 23-06-2018 / 09:52 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
  • dibaca:272
Kembalikan Kejayaan Keramik Dinoyo BANTUAN: Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Ir. Achmad Sigit Dwiwahjono meninjau langsung sentra industri keramik Dinoyo bersama Kadis Perindustrian Subkan yang mendapat bantuan peralatan industri keramik. (M. Firman /MALANG POST)

MALANG  – Upaya terus mengembangkan industri keramik Dinoyo, Kota Malang terus dilakukan Pemkot Malang. Jumat (22/6) kemarin, Kementrian Perindustrian menyerahkan bantuan peralatan industri keramik sebesar Rp. 1.543.850.000 untuk IKM keramik Dinoyo. Bantuan itu diterima Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH, MH dari Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Kementrian Perindustrian, Ir. Achmad Sigit Dwiwahjono.

Sigit mengatakan, jika bantuan peralatan ini merupakan tahap awal. Kedepannya, pihak kementrian juga berjanji akan menggelontorkan bantuan kepada masyarakat.

”Ini tahap awal pak Sekda. Semoga tahun depan kami dapat membantu lebih banyak lagi,’’ kata Sigit.

Pria asal Kota Malang ini menyebutkan, bantuan peralatan industri ini diberikan setelah ada pengajuan dari Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perindustrian Kota Malang.

”Ada usulan dan usulan itu kami pelajari sekaligus kami setuju. Mengingat Kota Malang merupakan sentra industri keramik,’’ ungkapnya.

Dia berharap, bantuan peralatan industri keramik yang diberikan, tak sekadar membuat industri keramik di Kota Malang semakin pesat, tapi juga produksi keramik serta kualitas keramik semakin bagus.

”Harus diakui peringkat kita dalam industri keramik menurun. Yang tadinya berada di urutan ke 4 sekarang berada di urutan ke 7. Itu karena negara kita digempur dengan keramik-keramik impor. Tapi dengan bantuan yang diberikan ini, kami berharap industri keramik di Kota Malang maju lebih pesat lagi,’’ tandas alumni SDN 2 Dinoyo, Kota Malang ini.

Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto mengucapkan terima kasih atas bantuan peralatan industri keramik yang diberikan Kementrian Perindustrian. Harapan yang sama pun diucapkan Wasto, yaitu dengan bantuan ini Industri Keramik di Kota Malang kembali ke masa jayanya dulu.

”Terus terang ini sangat luar biasa, kementrian perindustrian memberikan bantuan peralatan industri keramik. Ini pasti sangat bermanfaat,’’ katanya.

Wasto juga mengakui jika Kota Malang pernah menjadi salah satu pusat industri keramik di Indonesia. Namun demikian, produk keramik dari Kota Malang hanya menguasai pasar dalam negeri. Sedangkan untuk pasar luar negeri belum. ”Kami berharap dengan bantuan peralatan ini,  produk keramik dari Kota Malang semakin berkualitas, dan bisa menguasai pasar luar negeri,’’ ungkapnya.

Sementara  itu, Kepala Dinas Perindustrian, Kota Malang Subkhan menambahkan, peralatan industri keramik bantuan dari kementrian ada tiga jenis, tungku pembakaran, Potmil (alat penghaluas gerabah), dan meja putar, masing-masing, berjumlah 7 unit.

Pihak Kementrian Perindustrian juga langsung melakukan peninjauan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA