Gus Ipul Unggul di Kabupaten dan Batu

  • 28-06-2018 / 01:06 WIB - Editor: vandri battu
  • Uploader:slatem
  • dibaca:166
Gus Ipul Unggul di Kabupaten dan Batu grafis: angga, tem/MP

MALANG-Hasil hitung cepat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur di Kabupaten Malang dan Kota Batu, untuk sementara memenangkan pasangan calon (paslon) Nomor Urut 2, Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, kemarin.  Begitu juga di Kota Batu, Gus Ipul-Puti unggul tipis untuk sementara.

Dari berbagai sumber yang diperoleh, Gus Ipul-Puti meraih kemenangan dengan perolehan 380.909 suara atau sebesar 50,60 persen.

Sedangkan rivalnya Khofifah-Emil memperoleh 350.859 suara atau sebesar 46,63 persen. Dari data tersebut, jumlah surat suara tidak sah sebesar 20.525 suara atau 2,77 persen. Sedangkan Jumlah DPT Kabupaten Malang sebesar 1.966.373 jiwa.

Salah satu tempat yang memenangkan paslon nomor urut dua yakni TPS Nomor 2 di Dusun Genitri, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis. Tempat tersebut notabene merupakan TPS nyoblos dari Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna. Sedangkan arah pilihan Rendra pada Pilgub Jawa Timur kali ini mendukung pasangan Khofifah-Emil. Di tempat tersebut, Gus Ipul-Puti meraih kemenangan dengan perolehan 176 suara. Sedangkan Khofifah-Emil meraih 168 suara.

Menanggapi hasil yang beredar tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menegaskan belum mengeluarkan hasil resmi maupun quickcount.

“Bukan ranah kami untuk melakukan perhitungan cepat. Kalau ada hasil sementara yang beredar, dapat dipastikan itu bukan dari kami (KPU),” ujar Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko.

Dia menjelaskan, saat ini KPU tengah melakukan proses rekapitulasi di TPS, mengingat pemilihan baru saja selesai. “Kami memberlakukan unggahan scaning Data C1 hasil rekapitulasi di TPS ke Portal Situng. Proses itu kami lakukan mulai nanti malam tepat pukul 00.00 WIB, setelah data semuanya masuk,” katanya kepada Malang Post.

Menurutnya, hasil dari unggahan scaning tersebut dapat diakses langsung oleh semua lapisan masyarakat. Kendati demikian, dia kembali menegaskan hasil yang ada di portal situng tersebut, bukan hasil yang telah ditetapkan oleh KPU. Kemungkinan ada faktor kesalahan input data atau tidak kecocokan tada yang dituliskan.

Maka dari itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar menunggu rekapitulasi manual dan berjenjang sesuai amanah undang-undang. “Kalau sesuai aturan ya harus menunggu rekapitulasi secara manual. Kami mengimbau seluruhnya untuk tetap tenang dan menjaga kondusivitas selama menunggu proses rekapitulasi tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, sesuai hitung cepat berdasarkan entri C1 dalam Pilgub Jatim yang berlangsung di KPU Kota Batu menempatkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno  unggul sementara dengan meraih suara 51,59 persen. Sedangkan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA