Khofifah Menang, PDIP Tumbang

  • 28-06-2018 / 01:09 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:slatem
Khofifah Menang, PDIP Tumbang Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) didampingi wakilnya Emil Dardak (tengah) mendeklarasikan kemenangan kemarin malam (27/6).(GALIH COKRO/JP)

JAKARTA-Kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak atas Gus Ipul Puti di Jawa Timur, melengkapi tumbangnya PDIP dalam pilkada serentak. Setidaknya ada empat daerah yang paling disoroti di Pemilihan Gubernur 2018, Rabu (27/6) kemarin.

Seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Utara. Namun di tempat itu pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kalah semua.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku akan melakukan evaluasi pada kekalahan di daerah-daerah lainnya. Termasuk di tiga provinsi Jawa Barat, Jawa Tlimur dan Sumatera Utara.

“Kami akan lakukan evaluasi dari aspek strateginya, aspek komunikasinya, aspek politiknya, kemudian pergerakan strukturnya bagaimana,” ujar Hasto di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (27/6).

Evaluasi itu termasuk melakukan pendekatan ke para tokoh. Sehingga tidak kalah lagi di kemudian hari di Pilkada serentak. Bagi PDIP membangun strategi dengan mendapat masukan dari berbagai tokoh sangatlah penting.

“Tentu saja kami akan lakukan evaluasi secara menyeluruh,” katanya.

Menurut Hasto, daerah-daerah yang menang di Pilkada serentak ini akan semakin diperkuat. Sehingga bisa terus menang di penyelenggaran Pilkada serentak selanjutnya. Kemudian daerah yang mengalami kekalahan akan dilakukan evaluasi seperti mencari tahu penyebab kekalahan.

“Daerah yang kalah akan lakukan evaluasi penyebabnya di mana, dan jika menemukan hal-hal yang sifatnya substansial untuk dilakukan perbaikan,” pungkasnya.

Sementara itu, adapun berdasarkan dari quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) untuk Pilgub Jawa Timur pasangan yang diusung PDIP Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mendapat persentase perolehan suara 43.48 persen. Kalah dari Khofifah-Emil Dardak yang mendapatkan suara 56.52 persen.

Kemudian Pilgub Jawa Barat, TB Hasanuddin-Anton Charlian hanya mendapatkan 12.96 persen. Kalah dari Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 32.96 persen.

Sementara di Pilgub Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mendapatkan perolehan suara 42.93, sementara lawannya Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah mendapat 57.07 persen.

IT Research and Politic Consultan (iPol) Indonesia merilis prediksi pemenang dengan jumlah perolehan suara di Pilkada Sumatera Utara, Jatim, Bali dan Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jateng, Jabar, Riau, Kalbar, Lampung.

Direktur iPol Indonesia Petrus Hariyanto mengatakan, rilis iPol Indonesia kali ini menampilkan metode yang berbeda dalam rangka hari H pilkada serentak gubernur beberapa Propinsi di Indonesia.

Tidak saja menilai dari sisi riset, tapi juga 6 elemen pengolahan data dan analisa terkini dari kesiapan masing masing kandidat dalam cipta kondisi kemenangannya

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA