Tak Terlupakan, Adu Klakson di New Delhi

  • 30-06-2018 / 23:34 WIB - Editor: Dewi Yuhana
  • Uploader:abdi
Tak Terlupakan, Adu Klakson di New Delhi Tuk-tuk, salah satu kendaraan umum di India serta India Gate yang menjadi tempat tujuan wisata di New Delhi. (Jon soeparijono/malang post)

Wartawan Malang Post Pelesir ke Tiga Kota di India (Habis)

Kota terakhir yang dikunjungi wartawan Malang Post Jon Soeparijono dan istri Ihda Khairun Nisa adalah New Delhi, yang merupakan kota terbesar di India. Pemandangan khas ibu kota ini adalah hiruk-pikuk kendaraan yang berlalu-lalang saling beradu klakson.

Semua kendaraan seakan berlomba dalam membunyikan klakson. Mulai dari tuk-tuk, taksi, kendaraan pribadi hingga motor roda dua, beradu bunyi paling keras ketika melintas di jalan. Bahkan, bus di tengah kota pun tidak mau kalah.

Tidak hanya di jalan raya saja, di gang-gang sempit pun, suara klakson masih saja saling bersahut-sahutan. Ada motor di depan, klakson dibunyikan. Ada di pertigaan atau perempatan, klakson bunyi keras. Itulah, salah satu ciri India dan mungkin tidak ada di negara-negara lain. Pelancong yang datang pun, salah satu yang diingat adalah bunyi klakson kendaraan.

Membunyikan klakson merupakan kebiasaan para pengendara motor dan mobil di New Delhi. Bagi mereka, membunyikan klakson adalah semacam sapaan atau ketika ada kendaraan lain di depan. Pengendara atau pejalan kaki yang diklakson pun tidak marah.

Di ibu kota negara ini, kami menginap tiga malam di Hotel Chanchal Deluxe yang berada di kawasan Arakashan Road, Paharganj. Kawasan ini merupakan kawasan padat di tengah kota. Banyak lalu-lalang turis asing, terutama dari Eropa.

Di New Delhi, kami berdua menyempatkan pergi ke beberapa tempat wisata yang tersohor yakni India Gate, Lotus Temple dan Akshsardham Temple, Pacific Mall serta belanja oleh-oleh di kawasan Nagar Market. Sebenarnya masih ada juga tempat wisata yang terkenal yakni Jama Masjid. Namun tempat yang satu ini tidak sempat kami kunjungi.

Selama berkeliling ke semua destinasi wisata itu, kami menyewa tuk-tuk dengan harga Rp 260 ribu sehari serta menggunakan jasa taksi online. Salah satu destinasi yang paling dicari wisatawan asing di New Delhi adalah India Gate. India Gate ini  mirip Arc de Triomphe di Paris Perancis atau bangunan yang ada di Simpang Lima, Gumul, Kediri.

‘’Kalau mengantarkan turis asing, pasti minta diantar ke India Gate. Di tempat ini hanya foto-foto saja. Saya tunggu di seberang jalan,’’ kata Ajay, sopir tuk-tuk yang mengantarkan kami seharian ke beberapa tempat wisata.

India Gate merupakan monumen nasional India yang aslinya dikenal dengan nama Tugu Peringatan Perang Seluruh India. Tugu

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA