PMI Simulasi Evakuasi Korban Bencana

  • 26-04-2018 / 23:02 WIB - Editor: marga
  • Uploader:angga
  • dibaca:473
PMI Simulasi Evakuasi Korban Bencana BINAR GUMILANG - Anggota serta relawan PMI Kabupaten Malang melakukan evakuasi korban dari ketinggian dalam Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

PAKISAJI- Suasana markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, mendadak menjadi gempar, kemarin pagi. Setelah beberapa petugas serta relawan berupaya melakukan evakuasi korban bencana alam di ketinggian.

Ini merupakan bagian dari simulasi dalam rangka Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Dalam kegiatan itu, disaksikan Ketua PMI Kabupaten Malang yang juga sekaligus Bupati Malang, Rendra Kresna.

Hadir pula Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Pengurus PMI Pusat Letjen TNI Purn Sumarsono. Usai simulasi, lalu dilanjutkan dengan peninjauan peralatan penanggulangan bencana alam.

 “Kesiapsiagaan itu menjadi mutlak dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali, khususnya siap dari dirinya sendiri,” ujar Rendra. Dia menjelaskan, dalam hal ini Pemkab Malang telah membentuk desa-desa tangguh bencana.

Sehingga pada saat terjadinya bencana dimanapun dan kapanpun diharapkan mampu meminimalisir adanya korban. Baik itu meminimlaisir terjadinya korban jiwa maupun korban harta benda.

“Sehingga dengan adanya kegiatan apel semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan terjadinya bencana alam,” terangnya. Dia memberi apresiasi kepada seluruh relawan dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

“Untuk menangani para korban diperlukan adanya keterampilan sumber daya manusianya yang cepat tanggap melakukan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” paparnya gamblang.

Selanutnya, dia berharap kepada seluruh relawan PMI Kabupaten Malang untuk terus menjaga eksistensinya dalam mengantisipasi bencana dan kemanusiaan. “Keberadaan relawan ini sangat dibutuhkan dan  garda terdepan dalam membantu masyarakat,” tutupnya.. (big/mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA