Pindahkan Tersangka ke Surabaya, KPK Dalami Fakta Persidangan

  • 12-07-2018 / 23:58 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:slatem
  • dibaca:183
Pindahkan Tersangka ke Surabaya, KPK Dalami Fakta Persidangan Saut Situmorang.(JPC)

MALANG - Fakta persidangan baru dalam kasus dugaan suap Pembahasan APBD-P Pemkot Malang bakal diseriusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada Malang Post, kemarin. Apalagi, menurut sumber terpercaya Malang Post, 18 tersangka anggota DPRD Kota Malang segera dipindahkan ke Surabaya, Senin (23/7).

Menurut Saut Situmorang, jika bukti awal cukup, maka normatifnya harus ditindaklanjuti. Hal itu dia tegaskan saat Malang Post menanyakan apakah kasus “uang pokir” Pembahasan APBD-P Pemkot Malang yang sudah menjerat 19 anggota DPRD Kota Malang dan 2 pejabat eksekutif Kota Malang.

Sebelumnya Saut juga mengatakan jika KPK akan bekerja dengan menjunjung tinggi prinsip keadilan. Hal ini dikatakannya berkaitan dengan fakta-fakta berkembang yang mengisyaratkan adanya tersangka baru dalam perkembangan kasus dugaan suap Pembahasan APBD-P Pemkot Malang tahun 2015 ini.

Terlebih dengan adanya tuntutan sebagian besar dari 19 anggota dewan yang sudah menyandang status tersangka. Terkait pendalaman kasus kepada anggota dewan lainnya yang diyakini juga ikut merasakan uang pokir yang belakangan diketahui juga beristilah “uang THR”.

“Sebagaimana penegakan hukum maka KPK bekerja harus dengan prinsip-prinsip keadilan. Jadi kita lihat dulu (perkembangan dalam fakta persidangan,red) nanti ya,” pungkas pria asal Medan, Sumatera Utara ini.

Sementara itu salah satu sumber Malang Post mengatakan seluruh anggota DPRD Kota Malang yang saat ini berstatus tersangka tidak lama lagi akan keluar dari Rutan KPK. Sumber Malang Post menyebutkan pada Senin 23 Juli mendatang 18 anggota DPRD Kota Malang akan dipindahkan ke Surabaya.

“Informasinya begitu semua akan dipindahkan Senin depan. Dan pemeriksaan akan berlanjut ke tahap persidangan di PN Tipikor Surabaya,” ungkap sumber

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA