Pelajar yang Tidak Sadar Berkorupsi

  • 15-07-2018 / 16:13 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Pelajar yang Tidak Sadar Berkorupsi

KORUPTOR atau pelaku korupsi memang selalu menjadi perbincangan hangat dari masa ke masa. Kata korupsi berasal dari bahasa Latin corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal, menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia tindakan koruptor “korupsi” diartikan sebagai tindakan penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk kepentingan pribadi atau orang lain. Bentuk tindakan korupsi tidak hanya berbentuk materi saja, tapi juga korupsi waktu, yaitu menyalah gunakan waktu kepentingan pribadi.

Melihat dari pengertian korupsi tersebut tentunya sangat mudah untuk menjadi seorang koruptor tanpa harus menjadi seorang pejabat publik atau pengusaha, orang kecil pun sangat bisa menjadi koruptor, karena dalam pengertian tersebut ada kalimat “serta pihak lain yang terlibat”. Keterlibatan pihak lain sangat beragam. Misalnya, meskipun tidak ikut melakukan tindakan korupsi tapi mengetahui kalau ada pelaku korupsi dan mau menerima uang sebagai penutup mulut dari pelaku maka orang tersebut juga bisa dikatagorikan koruptor. Sebab, secara tidak langsung orang tersebut membiarkan negara mengalami kerugian, dan kerugian tersebut tentunya akan berimbas pada semua warga negara terutama rakyat kecil yang tidak berdosa.

Banyak  perbuatan korupsi yang sering dilakukan oleh orang biasa (bukan pejabat atau pengusaha). Namun, tidak terekspos media sehingga tidak banyak orang tahu, yang tahu hanya orang-orang terdekat, itu pun kalau tahu. Padahal meskipun korupsinya kecil tapi kalau yang melakukannya sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang, itu bukan korupsi kecil lagi tapi sangat besar. Karena korupsinya dilakukan secara berjamaah.

 

Korupsi di Kalangan Pelajar

Kasus korupsi juga menjangkit kalangan pelajar, di kalangan pelajar biasanya sering terjadi jika ada beasiswa. Banyak sekali pelajar bahkan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Meskipun pelajar tersebut tidak pantas untuk mendapatkannya tapi demi uang akhirnya memantaskan diri. Contoh pelajar yang melakukan tindakan korupsi dengan mengaku menjadi orang miskin saat ada beasiswa bagi pelajar miskin.

Banyak yang tidak malu mengaku miskin meskipun sebenarnya orang kaya. Ada yang membuat stempel sendiri atas nama kelurahan atau desa masing-masing agar dirinya diakui sebagai

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA