Potensi Didier Deschamps Ukir Sejarah Bersama Prancis

  • 15-07-2018 / 21:21 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
 Potensi Didier Deschamps Ukir Sejarah Bersama Prancis Didier Deschamps berpeluang menyamai pencapaian Beckenbauer dan Zagallo. Deschamps saat jadi pemain. (GABRIEL BOUYS / AFP)

RUSIA - Keberhasilan Didier Deschamps membawa Timnas Prancis ke final Piala Dunia 2018 membuat dia berpotensi mengukir sejarah. Namun, sebaliknya juga berpeluang menemui kegagalan. Deschamps menjadi sosok keempat yang berhasil mencapai final Piala Dunia baik sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya ada Mario Zagallo (Brasil), Franz Beckenbauer (Jerman), dan Rudi Voeller (Jerman).

Dari tiga nama sebelumnya, hanya Zagallo dan Beckenbauer yang sukses juara sebagai pemain dan pelatih. Sementara, Voeller gagal saat sebagai pelatih. Itu artinya, Deschamps bisa mensejajarkan namanya dengan Zagallo dan Beckenbauer, tapi juga bisa menemui kegagalan seperti halnya Voeller.

Kepastian itu akan datang pada Minggu (15/7) malam WIB saat final Piala Dunia 2018 digelar di Stadion Luzhniki. Les Bleus ditantang kuda hitam Kroasia. Andai membawa Prancis menang, Deschamps akan menyamai pencapaian Zagallo dan Beckenbauer. Namun, andai kalah, Deschamps akan senasib dengan Voeller.

Seperti diketahui, Zagallo sebagai pemain turut mengantarkan Brasil juara Piala Dunia pada 1958 dan 1962. Kemudian saat menjadi pelatih, membawa Tim Samba juara Piala 1970. Sementara itu, Beckenbauer sebagai pemain juara bersama Jerman pada Piala Dunia 1974. Saat sebagai pelatih, membawa Jerman juara Piala Dunia 1990.

Bagaimana dengan Voeller? Sebagai pemain, sang striker juara bersama Jerman pada Piala Dunia 1990. Ketika menjadi pelatih, Voeller membawa Jerman ke final Piala Dunia 2002. Namun, Jerman gagal meraih gelar juara setelah kalah 0-2 dari Brasil.

Deschamps sendiri sebagai pemain merupakan kapten saat Prancis juara Piala Dunia 1998. Kini, dia membawa Les Bleus ke final. Bagi Deschamps, ini final kedua sebagai pelatih di turnamen mayor internasional. Sebelumnya dia membawa Prancis ke final Euro 2016 namun gagal juara lantaran kalah dari Portugal. (epr/JPC/bua)

 

 

Sosok Juara Piala Dunia Sebagai Pemain dan Pelatih

Mario Zagallo (Brasil)

- Juara Sebagai Pemain: Piala Dunia 1958, 1962

- Juara Sebagai Pelatih: Piala Dunia 1970

Franz Beckenbauer (Jerman)

- Juara Sebagai Pemain: Piala Dunia 1974

- Juara Sebagai Pelatih: Piala Dunia 1990

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA