Sumberguno Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

  • 29-07-2018 / 12:27 WIB - Editor: Abdul halim
  • Uploader:irawan
Sumberguno Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

MALANG – Umbulan mungkin ‘berbaik hati’ mengalirkan sumbernya kepada masyarakat ke beberapa kecamatan. Namun, warga di sekitar Umbulan, justru belum lama merasakan nikmatnya air tersebut langsung mengalir ke rumahnya. Warga di kawasan Umbulrejo, baru tahun 2015 mendapatkan aliran air, itu pun dari Sumberguno, sumber yang berada 500 meter dari sumber utama.

Ya, warga Umbulrejo, tidak menerima aliran secara langsung ke rumahnya, karena mereka memanfaatkan air dengan datang ke Umbulan. Mencuci, mandi atau bahkan ‘usung banyu’. Hal yang membuat sulit, Dusun Umbulrejo berada lebih tinggi ketimbang sumber air, sehingga tidak mudah untuk mendapatkan aliran air dari Umbulan.

Baru di tahun 2015, ketika mendapatkan anggaran desa, sumber di kawasan yang diberi nama Sumberguno, dialirkan ke rumah warga. Sumberguno sendiri berasal dari dua kata, sumber dan guna. Artinya, sumber air yang berguna. Banyak yang percaya, air yang keluar dari sumber tersebut, banyak khasiatnya.

“Sumber yang ada di Sumberguno ini dipercaya menyembuhkan penyakit. Tidak hanya warga kami, tetapi dari luar kota dan luar pulau,” ungkap Yudi, warga Dusun Ubalan.

Menurutnya, saat malam 1 Suro atau hari tertentu, banyak yang berebut mandi di Sumberguno. Mereka percaya, jika mandi di sumber tersebut, akan membawa keberuntungan. “Sampai antre terkadang di Sumberguno. Padahal tempatnya sangat kecil,” ungkapnya.

Di area tersebut, warga dari kawasan Umbulrejo, Ubalan, hingga Sumberputih, suka mandi. Terutama anak-anak. Selain percaya pada khasiat, mereka juga menikmati segarnya alam sekitar, dengan paduan sinar matahari, yang menghangatkan tubuh mereka, ketika mandi pagi atau sore hari.(ley/lim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA