Api Obor Asian Games Masuk Lobang Jepang Bukittinggi

  • 02-08-2018 / 15:15 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Api Obor Asian Games Masuk Lobang Jepang Bukittinggi ASIAN GAMES: Api Obor Asian Games saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kamis (2/8) pukul 12.00 WIB. (Istimewa)

SUMATERA- Menyambut kedatangan api obor (Torch Relay) Asian Games 2018 di Ranah Minang, akses lalu lintas menuju pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) bakal ditutup sekitar tiga jam lamanya. Kebijakan itu diambil untuk melancarkan arak-arakan api obor Asian Games yang bakal dikawal Menristekdikti, Mohamad Nasir, Kamis (2/8).

Dengan ditutupnya akses jalan, Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana mengimbau kepada seluruh warga pengguna jalan agar bersabar. "Selama kirab, kami minta pengertian dan kesabaran dari warga, karena akses jalan raya yang akan dilewati api obor, akan ditutup sekitar tiga jam. Kalau sudah dilewati, kita buka sesuai kondisi nanti," papar Kapolres.

Kota Bukittinggi adalah satu-satunya kota di Sumatera Barat yang akan dilalui kirab api obor. Terdapat 21 titik yang akan dilalui dengan rute sepanjang 10 km. Event yang menjadi pembukaan gelaran pesta olahraga Asia tersebut jelas akan menjadi sejarah bagi masyarakat Sumbar, khususnya Bukittinggi.

Api abadi dari India dan Mrapen Purwodadi, Jawa Tengah itu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (2/8) sekitar pukul 12.00 WIB. Api itu diterima Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho saat turun dari pesawat Hercules.

Setelah itu, api diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang sudah menanti api obor bersama Menristek, Mohamad Nasir. Selanjutnya, api obor Asian Games dibawa ke Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perhelatan kirab Asian Games.

"Saya, Pak Menteri, Pak Wali kota, dan Pak Kapolda akan bawa lari api ini," kata Nasrul Abit kepada wartawan di BIM sebelum menuju Bukittinggi.

Menurut Nasrul, arak-arakan api obor di Sumbar kali ini terbilang unik. Sebab, kirab obor Asian Games akan masuk ke dalam Lobang Jepang yang menjadi ikon wisata Bukittinggi.

"Api akan diarak unjungan ke lobang jepang dan panorama, termasuk ke rumah Bung Hatta. Malam nanti, akan ada kegiatan makan bersama silaturahim pembawa api obor di Istana Bung Hatta," jelas Nasrul.

Rencananya, pusat acara akan dihelat di lapangan kantin Kota Bukittinggi. Pengarakan diawali dengan penyerahan api obor di depan SMAN 2 Bukittinggi, dari Menristek, Mohammad Nasir kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Lalu, api diarak hingga podium depan lapangan kantin untuk prosesi seremonial.

Setelah itu, api obor diarak oleh Kapolda Sumbar hingga Tugu Polwan dan estafet ke Wali kota Bukittinggi bersambung ke

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA