Seleksi Siswa Berprestasi Lewat Ajang SPARCO

  • 07-08-2018 / 10:40 WIB - Editor: adinda
  • Uploader:dinda
Seleksi Siswa Berprestasi Lewat Ajang SPARCO Siswa-siswi MAN 2 Kota Malang tampak bersemangat dalam acara pembukaan Sparco 2018 di lapangan madrasah, Jumat (3/8) lalu // FOTO : IMAM/MALANG POST

MALANG – Sport And Art Competition (SPARCO) 2018 MAN 2 Kota Malang sukses dan meriah. Beragam jenis perlombaan olahraga dan seni telah selesai dilaksanakan. Babak final dari beberapa cabang lomba juga telah digelar pada Hari Senin (6/8) kemarin. Perlombaan yang dimulai sejak Jumat (3/8) ini, dimeriahkan dengan aneka berlombaan. Diantaranya voly, futsal, badminton, tenis meja, catur, lari, MTQ, desaign grafis, pidato tiga bahasa, kaligrafi, tahfid dan solo vocal.

Sparco sendiri merupakan agenda rutin MAN 2 Kota Malang, yang diselenggarakan oleh pengurus OSIS yang diikuti oleh kalangan siswa MAN 2 Kota Malang. Tujuan dari kegiatan ini, selain untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan antar siswa, juga sebagai ajang seleksi untuk persiapan menghadapi Aksioma (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) yang tidak lama lagi akan digelar.

Waka Kesiswaan MAN 2 Kota Malang, Ady Siswanto, S.Pd mengatakan sparco merupakan sebuah momentum bagi guru untuk memetakan siswa-siswi berpotensi di bidang seni dan olahraga. Dari hasil sparco tersebut, selanjutnya para siswa menerima pembinaan oleh guru sesuai bakat yang dimiliki. "Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui kemampuan siswa di bidang non akademik untuk selanjutnya kami kirim ke berbagai perlombaan dan olimpiade. Seperti Aksioma, O2SN maupun perlombaan yang digelar instansi perguruan tinggi," tuturnya.

Upaya penjaringan bakat dan potensi tersebut berlanjut pada pembinaan. Menurut Ady, hal tersebut  merupakan bentuk dari komitmen madrasah bahwa tidak hanya membina siswa di bidang akademik, tapi juga non akademik. "Semua kita fasilitasi sehingga semuanya berkembang. Tidak hanya siswa yang mampu di akademik, tapi mereka yang berbakat di seni dan olahraga juga kita beri wadah untuk berkembang," ucapnya.

Sementara itu, Amiq Ikmal Shihabuddin selaku ketua OSIS MAN 2 Malang mengatakan, bagi pengurus OSIS, Sparco menjadi ajang silaturahim karena selama tiga bulan terakhir belum ada kegiatan besar. "Sementara bagi siswa anggota merupakan kesempatan untuk mengekspresikan kreatifitas mereka," ucapnya. (mp1/sir/)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA