Ajak Warga Desa Hadiwarno Tanam Buah Naga dan Anggur

  • 09-08-2018 / 19:51 WIB - Editor: febri s
  • Uploader:irawan
  • dibaca:160
Ajak Warga Desa Hadiwarno Tanam Buah Naga dan Anggur BIBIT: Mahasiswa KKN kelompok 141 UMM menyerahkan bibit buah kepada Mulyono (kiri), Kepala Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

PACITAN - Mendukung program pengembangan Desa Ekowisata, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan program KKN di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Sebanyak 29 mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan, Drs. Wahyu Prihatna, M.Kes. mengajak masyarakat dalam kegiatan membudidayakan buah naga dan anggur.

Mahasiswa KKN5 Kelompok 141 UMM melakukan penyuluhan lapangan bidang pertanian dan penanaman  buah anggur dan buah naga di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Tujuan penyuluhan dan penanaman budidaya anggur dan buah naga  untuk meningkatkan pemahaman warga mengenai budidaya buah naga dan anggur serta meningkatkan perekonomian masyarakat serta dalam rangka mendukung program pengembangan Desa Ekowisata. Kegiatan penyuluhan ini didukung oleh Balitjestro (Balai Tanaman Jeruk dan Suptropic). Dengan memberikan 200 bibit buah anggur kepada mahasiswa KKN kelompok 141 UMM. 

Penyuluhan dilaksanakan di lahan kosong milik Mulyono, Kepala Desa Hadiwarno. Dalam penyuluhan tersebut mahasiswa KKN 141 UMM mengajak masyarakat Desa Hadiwarno.Budidaya anggur dan buah naga sangat cocok di daerah Desa Hadiwarno karena topografi dan iklimnya sangat mendukung. Tanaman anggur dan buah naga tidak memerlukan banyak air. 

Menurut Kordinator Desa KKN 141 UMM, Viky Rizky Awalia kebun percontohan buah naga dan anggur untuk6 meningkatkan pariwisatay Desa Hadiwarno bukan hanya dari pantai yang indah  tetapi juga unggul dalam pertanian. Pertanian ini yaitu komoditas anggur dan buah naga. "Kami berharap Desa Hadiwarno dapat menjadi desa percontohan buah naga dan anggur. Bukan hanya dilihat dari aspek adanya kebun percontohan buah naga dan anggur yang kami buat tetapi juga dari pemahaman warganya mengenai budidaya termasuk potensinya," tambahnya. 

Mereka membagikan bibit buah naga kepada warga agar ditanam di halaman. Tujuan agar dapat lebih bermanfaat bagi mereka nantinya, jika kebun ini berhasil bukan hanya dapat meningkatkan pariwisata tetapi juga hal ekonomi masyarakat.

Usai penyuluhan, kata dia, dilanjutkan dengan praktek langsung penanaman anggur sebagai pengetahuan bagi masyarakat. 

Mulyono, Kepala Desa mengatakan, pihaknya mengembangkan tanaman anggur karena sangat menjanjikan secara ekonomis. "Harga buah anggur sangat mahal dan sangat dibutuhkan konsumen,” tambahnya. 

Selain program budidaya buah naga dan buah anggur, mahasiswa KKN 141 UMM juga turut mendukung atau berkontribusi program kegiatan konservasi penyu yang berlokasi di Dusun Taman, Desa Hadiwarno. Salah satu kontribusi yang dilakukan Mahasiswa KKN 141 yaitu merenovasi pagar. Sebenarnya pagar pembatas lokasi konservasi penyu sudah ada,

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA