Asian Games, PT PLN Yakinkan Tidak Ada Pemadaman Listrik

  • 10-08-2018 / 09:36 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
 Asian Games, PT PLN Yakinkan Tidak Ada Pemadaman Listrik Direktur Bisnis PLN Regional Jawa bagian Barat Haryanto WS. (Ist for jpc)

JAKARTA- Tinggal 9 hari lagi Asian Games 2018 akan segera diselenggarakan, untuk menjamin pemadaman listrik PT PLN (Persero) pun telah menyiapkan pengamanan berlapis di setiap venue yang digunakan.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa bagian Barat Haryanto WS mengatakan PLN sudah membangun fasilitas infrastruktur kelistrikan khusus untuk Asian Games 2018.

"Kita sudah siapkan investasi dedicated Asian Games Rp 243 miliar. Itu di luar sponsor yang kita berikan Rp 25 miliar untuk menyukseskan acara ini," kata Haryanto di Halaman Monas, Jakarta Pusat,l Kamis (9/8).

Selain itu, pembangunan pembangkit dan infrastruktur kelistrikan lainnya untuk wilayah Jakarta, Banten dan Palembang PLN berinvestasi sebesar Rp 5,7 triliun. Bahkan, khusus wilayah Jakarta dan Banten PLN mengeluarkan kocek sebesar Rp 2,7 triliun.

Untuk wilayah Jakarta, Haryanto menjelaskan persiapan lebih ke penguatan sistem distribusi diantaranya membangun jaringan tegangan menengah untuk memperkuat pasokan ke Gardu Distribusi. Lalu, melakukan rekonfigurasi JTM untuk meningkatkan keandalan dan kecepatan pemulihan pasca gangguan.

Selain itu, melengkapi gardu distribusi dan gardu hubung dengan fasilitas ACO dan RC untuk mempercepat pemulihan pasca gangguan. Dan terakhir, penggantian dan pemeliharaan peralatan gardu distribusi berserta peralatan pendukungnya.

"Pembangkit yang maintenance yang tidak bisa ditunda tetap kita lakukan. Namun tetap perhatikan kecukupan daya kita. Salah satunya Labuan dan itu sudah schedule-nya," pungkasnya.

Kepala Divisi Operasi PLN Regional Jawa Bagian Barat Bima Putrajaya menambahkan PLN akan mempersiapkan juga pasokan transmisi dan gardu induk. Penguatan sistem distribusi pasokan listrik pun telah dicek kesiapannya disertai pemasangan 21 genset dengan kapasitas 32,1 MVA dan 41 UPS kapasitas 7,1 MVA.

"Kami juga menyiapkan backup unit dan additional power di masing-masing venue serta melakukan penambahan daya dengan memasang 39 buah power bank kapasitas 21,6 MVA," terang Bima. (rgm/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA