IDI-PMI Kirim Bantuan Medis ke Lombok

  • 10-08-2018 / 10:30 WIB - Editor: Muhaimin
  • Uploader:dinda
IDI-PMI Kirim Bantuan Medis ke Lombok PEMBERANGKATAN: Para dokter dari IDI Cabang Malang yang akan diberangkatkan ke Lombok dilepas dari depan kantor IDI Malang Raya.Ist Malang Post

MALANG – Bencana alam yang hebat di Lombok menimbulkan korban jiwa yang sangat besar. Untuk membantu penanganan korban bencana gempa di Lombok, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Malang Raya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang mengirimkan tim medis ke Lombok.

Tim yang dikirim ke Lombok, Kamis (9/8) kemarin, terdiri dari dokter  spesialis ortopedi dan traumatologi (SpOT), dokter umum, perawat, dan perawat jiwa.

”Dalam tim ini juga ada crew pengatur logistik,’’ kata Ketua PMI Kota Malang dr. Enny Sekar Rengganingati, MM, disela pemberangkatan tim ke Lombok dari depan kantor IDI Malang Raya.

Dijelaskannya, selain tim medis, pihaknya juga mengirimkan logistik pelayanan medis serta dua ambulance.

”Untuk ambulande sudah lebih dulu kami berangkatkan menggunakan kapal laut,’’ terang mantan Kadinkes Kota Malang itu.

 Dia menjelaskan, para tim medis ini berangkat menuju Lombok menggunakan pesawat Garuda. ”Para tim medis terbang melalui bandara Juanda,’’ tambahnya.

Menurut Enny, tim medis ini langsung berkoordinasi dengan Crisis Center Lombok. Menurut informasi yang diterimanya, para tim medis yang dikirim akan di tempatkan di Lombok Utara. ”Lombok utara merupakan daerah yang terdampak gempa paling parah. Para tim medis akan memberikan bantuan medis medis di sana,’’ ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, mengirimkan tim medis ke Lombok merupakan misi sosial. Dengan bantuan tim medis ini, korban bencana yang mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan gedung dapat cepat tertangani dengan perawatan.

Enny juga menyebutkan, bahwa ini bukan kali pertama IDI Malang Raya mengirimkan bantuan ke daerah bencana. Hampir setiap ada bencana dengan korban banyak, IDI Malang Raya selalu mengerahkan anggotanya untuk memberikan bantuan medis.

” Kegiatan ini berkat kerjasama IDI Cabang  Malang Raya dengan Ikatan Alumni FKUB dan FKUB,’’ tambahnya. Sementara untuk obat-obatan, ditambahkan Enny   merupakan bantuan dari Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Malang.

Enny berharap, dengan bantuan tim medis, obat-obatan dan sarana medis dapat membantu dan meringankan para korban bencana Lombok. Terlebih mereka yang sakit dapat cepat mendapatkan perawatan. (ira/aim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA