Tagana Galang Bantuan Gempa Lombok

  • 10-08-2018 / 10:42 WIB - Editor: Abdul halim
  • Uploader:dinda
  • dibaca:30
Tagana Galang Bantuan Gempa Lombok PEDULI LOMBOK: Masyarakat dan instandi di Pemkot Batu menyalurkan bantuan di Posko penggalangan bantuan peduli gempa Lombok Tagana di depan Balai Among tani Kota Batu kemarin.(FOTO: MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST)

BATU - Bencana gempa yang terjadi di Lombok memantik kepedulian nasional bahkan dunia. Tak terkecuali bagi pemkot dan masyarakat Kota Batu yang turut berempati untuk menyalurkan bantuannya. Melalui taruna siaga bencana (Tagana) Kota Batu, dibukalah posko penggalangan bantuan di halaman parkir Balai Kota Among Tani, kemarin (9/8).

Sarjono Koordinator Posko Tagana Kota Batu mengatakan, posko bantuan mulai dibuka kemarin. Pihaknya bersama 38 dearah di Jawa Timur turun menggalang bantuan untuk gempa Lombok. Khususnya bahan-bahan bagi kebutuhan dapur umum Tagana Provinsi Jatim yang terletak di Dusun Menggala Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara.

"Kami mengutamakan bantuan siap saji seperti susu, bumbu siap saji, sambel pecel, keripik, kertas bungkus, gelas plastik, kantong pastik trash bag, karet gelang, mi instan hingga biskuit. Itu karena fokus Tagana menyiapkan makanan di dapur umum dan selter," ujar Sarjono kepada Malang Post.

Ia menjelaskan, kebutuhan yang saat ini mendesak di lokasi terdampak gempa paling parah sangat membutuhkan bantuan berupa makanan. Karena tercatat oleh Tagana Jatim harus melayani 3.369 orang pengungsi dari total 1.200 kepala keluarga setiap kali makan.

Sarjono mengatakan lebih lanjut, rencananya posko penggalangan bantuan tahap pertama di Kota Batu dibuka hingga hari Minggu mendatang (12/8). Selanjutnya bantuan logistik yang berhasil dikumpulkan akan dikirim ke provinsi Jatim dan dilanjutkan ke dapur umum di Lombok Utara.

"Minggu ini rencananya akan kami kirim. Setiap hari kami mulai membuka posko sejak pukul 08.00-20.00. Dan setiap malam kami rekap bantuan yang berhasil masuk di posko," imbunya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, nantinya juga ada personil yang akan diberangkatkan dari tiap perwakilan daerah ke Lombok. Namun pihaknya belum mengetahui berapa anggota Tagana di Kota Batu yang akan dipilih untuk berangkat. "Yang pasti, selain bantuan makanan cepat saji, dari jumlah 42 personel yang ada di Tagana Kota Batu sangat siap untuk diperbantukan," tegasnya.

Pada hari pertama posko bantuan dibuka, tercatat paling banyak berupa makanan cepat saji. Seperti indomie, kertas bungkus, gelas cup, bumbu masakan serta biskuit. Bantuan itu mengalir dari masyarakat umum dan dari ASN dari Dinas kesehatan, Dinas Pertanian, Diskoperindag, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja hingga Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan KB Kota Batu. (eri/lim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA