Gandeng MSA, Siap Bersih-Bersih Pantai Sendiki

  • 10-08-2018 / 10:47 WIB - Editor: marga
  • Uploader:dinda
Gandeng MSA, Siap Bersih-Bersih Pantai Sendiki BERSIH-BERSIH: Anggota MSA bersama masyarakat dan wisatawan melakukan bersih-bersih pantai Lenggoksono.(MSA FOR MALANG POST)

SUMAWE- Kegiatan bersih-bersih pantai kembali dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang bersama Malang Surfing Assosiciaton (MSA). Kali ini, kegiatan tersebut dilakukan di Pantai Sendiki Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Minggu (12/8).

Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara SH MSi mengatakan, kegiatan ini atas inisasi Disparbud dan MSA. “Kami memberi apresiasi kepada MSA serta komunitas lainnya yang konsisten dalam pelestarian lingkungan tempat wisata,” ujarnya, kemarin.

“Khususnya konsisten membersihkan tempat wisata pantai,” tambah dia. Made menjelaskan, tidak bisa dipungkiri bahwasanya keberadaan tempat wisata pantai yang bersih akan diminati oleh wisatawan. Apalagi masih banyak masyarakat sekitar pantai maupun wisatawan membuang sampah sembarangan.

Selain itu, penyebab pantai kotor juga terbawa kotoran dari aliran sungai menuju pantai. “Perlunya melakukan kegiatan bersih-bersih semacam ini. Yang paling penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar pantai serta wisatawan, untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai,” kata dia.

Pihaknya selalu berupaya menumbuh kembangkan budaya perilaku bersih di sekitar pantai. “Salah satu bentuk sepele membuang sampah di tepi pantai ke tempat yang telah disediakan. Karena kebersihan pantai merupakan tanggungjawab bersama,” terang mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang ini.

Ia menambahkan, tidak hanya MSA yang mengadakan kegiatan bersih-bersih semacam ini. Melainkan banyak komunitas lain peduli lingkungan terutama pantai yang turut konsisten mengadakan kegiatan bersih-bersih. “Seperti Dinas Lingkungan Hidup juga ada banyak komunitas pecinta lingkungan sekitar pantai,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih diadakan secara rutin oleh MSA bersama komunitas lainnya. Seperti beberapa waktu lalu, dia menyebut juga diadakan bersih-bersih area Pantai Lenggoksono. “Kami berharap ini dapat mempertahankan lingkungan pariwisata yang bersih, asri dan nyaman,” tutup Made. (big/mar) 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA