Desa Saptorenggo Justru Moncer di Tangan Pj Kades

  • 10-08-2018 / 14:38 WIB - Editor: Hari Santoso
  • Uploader:slatem
  • dibaca:82
Desa Saptorenggo Justru Moncer di Tangan Pj Kades BERSIH: Suwaji (berkopiah) menyerahkan Surat Pengangkatan dua perangkat desa terpilih, Agus Tridika dan Eva Shofiana di GOR Saptorenggo, akhir bulan lalu. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

MALANG – Sejarah kelam pemerintahan desa (pemdes) Saptorenggo, Kecamatan Pakis benar-benar sudah hilang.  Tidak hanya itu. Saat ini, Pemdes Saptorenggo justru moncer ditangan seorang Penjabat (Pj) Kepala Desa (kades).

‘’Pemerintahan yang bersih. Pelayanan yang cepat dan tulus. Kami bisa. Dan itu yang kami terapkan sekarang,’’ ujar Suwaji (45), Pj Kades Saptorenggo kepada Malang Post di ruang kerjanya, Jumat pagi.

Seperti diketahui dua pejabat kades Saptorenggo, dua-duanya tersungkur pada perkara pidana. Mereka harus meninggalkan kursi kades sebelum akhir masa jabatannya. Pertama kades Suhartono, harus mendekam di penjara setelah divonis 7 tahun di PN Kepanjen. Kasusnya penggelapan.

Kedua, kades Bambang Roni Hermawan juga meringkuk ditahanan Polres Malang. Bambang bersama Kaur Umumnya dicokok tim saber pungli Polres Malang. Keduanya diduga terlibat pungutan liar terhadap warga yang mengurus surat tanahnya.

Sebagai bukti clean and clear di pemdes Saptorenggo, Suwaji mencontohkan pengisian jabatan Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan dan Kaur Keuangan. ‘’Saya tidak berani main tunjuk orang. Tapi pengisian perangkat yang kosong, kami lakukan dengan uji kelayakan untuk umum,’’ papar kades bertubuh subur ini.

Melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Saptorenggo, lanjut Suwaji, pemdes membuka pendaftaran calon kaur Perencanaan dan Keuangan. ‘’Lumayan yang daftar ada 12 orang. Dari semua dusun di Saptorenggo,’’ rincinya.

Mereka, ke 12 warga lalu diserahkan ke panitia seleksi (pansel) bentukan BPD. Didalamnya dilibatkan juga Danramil Pakis, Kapolsek Pakis dan Camat Pakis ikut melakukan tes wawancara ke peserta. Dan akhirnya terpilih Agus Tridika dan Eva Shofiana sebagai kaur perencanaan dan keuangan Pemdes Saptorenggo.

‘’Mereka menduduki rangking pertama dan kedua, hasil seleksi 12 peserta. Dan kami memang butuh orang-orang yang kapabel, meski ditingkat pemdes,’’ pungkas Suwaji, sembari menunjukkan pengumuman Peringkat Tes Perangkat Desa Saptorenggo di kaca jendela kantor Pemdes. (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA