Lapas Klas I Lowokwaru Ikuti Doa Bersama Lapas se-Indonesia

  • 10-08-2018 / 23:12 WIB - Editor: JonS
  • Uploader:abdi
Lapas Klas I Lowokwaru Ikuti Doa Bersama Lapas se-Indonesia KHUSYUK: Para WBP dengan khusyuk mengikuti doa bersama dengan seluruh jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Indonesia, kemarin. (Amanda Egatya/Malang Post)

MALANG-Bencana alam yang menimpa Lombok, Nusa Tenggara Barat membuat beberapa pihak tergugah. Banyak elemen masyarakat yang tergerak untuk melantunkan doa dan juga menyampaikan bantuan secara langsung.  Seperti yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Lowokwaru Malang, Jumat (10/8), kemarin. Lapas ini menggelar Salat Gaib dan doa bersama.

Kepala Lapas (Kalapas) Klas I Lowokwaru Malang Farid Junaedi mengungkapkan, doa bersama tersebut digelar secara serentak di Lapas dan juga Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di seluruh Indonesia. Secara kompak, mulai pukul 08.00 mereka mengikuti doa bersama yang disiarkan secara live streaming dan berpusat di Jakarta.

“Kalau di Lapas ini, kami juga ada Salat Gaib. Ini merupakan bentuk kepedulian pemasyarakatan untuk keselamatan masyarakat Indonesia, khususnya yang di Lombok,” terang dia kepada Malang Post.

Acara yang digelar di Masji At Taubah, Lapas Klas I Lowokwaru Malang tersebut diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pada kesempatan tersebut, Farid juga mengingatkan kepada para WBP soal bencana yang ada di Lombok.

“Hal tersebut mengingatkan kepada kita untuk kembali mengingat Yang Maha Kuasa. Mumpung kita masih diberi waktu untuk hidup. Semua kejadian bisa mengingatkan kita tentang kematian,” jelas dia.

Sehingga, pada kesempatan tersebut, Farid juga melakukan refleksi diri dengan istighosah dan juga Salat Gaib.

“Review kembali apa yang sudah kita lakukan kepada diri sendiri, negara dan agama. Manusia tidak ada yang sempurna, selalu introspeksi supaya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan mendapat hikmah di balik setiap kejadian,” ungkap dia.

Farid menambahkan, pihaknya berharap supaya tidak ada lagi bencana, kekisruhan ataupun hal-hal lainnya yang bisa membahayakan NKRI.

“Kami juga berharap, mudah-mudahan Lapas yang ada di Lombok bisa selamat dan untuk Lapas lainnya bisa tertib,” ungkap dia.

Pada kesempatan teresebut, Farid juga meresmikan satu bedug yang dimiliki oleh Masjid At Taubah Lapas Klas I Lowokwaru Malang.

“Dengan adanya bedug ini bisa membuat WBP lebih rajin lagi dalam beribadah dan bisa meningkatkan keimanannya,” tandas dia.(tea/jon/mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA