Siap Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Pedesaa

  • 13-08-2018 / 09:35 WIB - Editor: adinda
  • Uploader:dinda
Siap Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Pedesaa SOLUSI: Direktur Utama PT Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa (lima dari kiri) meresmikan Desa Mart ‘Minimarket 99MART’ di Desa Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (12/8). ( Foto : Dicky Bisinglasi/Malang Post )

MALANG – Mendukung kebijakan pemerataan ekonomi, khususnya di pedesaan, PT Sarinah (Persero) menghadirkan program Desa Mart. Bersama Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI), Sarinah meresmikan pembukaan Desa Mart yang bernama ‘Minimarket 99MART’ di Desa Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (12/8) kemarin.

Peresmian ini dihadiri juga oleh PT BNI, PT Pos Indonesia, PT Pegadaian, Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, Ketua Koperasi Babinkum Mabes TNI, Muspida dan Muspika, perwakilan desa se Kecamatan Kepanjen serta para pelaku UMKM.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero), Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, PT Sarinah (Persero) mendapat penugasan dari Kemenko untuk meningkatkan perannya sebagai lokomotif wira usaha setempat. Sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang ritel, salah satu tugas Sarinah adalah menjaga stabilas harga, kualitas, kuantitas, kontinyunitas pasokan yang berkelanjutan di pedesaan dan juga terus mendorong stimulus industri kreatif.

“Desa Mart dihadirkan sebagai solusi bagi para peritel nasional, pengusaha lokal maupun BUMDES untuk memasuki dunia usaha minimarket. Minimarket 99MART ini diharapkan mampu menjadi lokomotif pengembangan ekonomi di pedesaan. Saya tadi melihat usaha-usaha masyarakat desa seperti hasil pertanian, buah, hingga keripik. Nah, itu nanti semuanya bisa disalurkan ke (minimarket) jaringan PT Sarinah ini,” terangnya.

Minimarket 99MART fokus kepada penjualan produk andalan lokal. Selain itu, mereka juga melayani jasa, mulai dari pembayaran rekening air, token listrik, internet berlangganan dan TV kabel, tiket pesawat dan kereta, jasa pengiriman barang, pembiayaan mobil dan motor, pembiayaan haji, tabungan emas, kredit mikro, pulsa hingga BPJS.

Direktur Eksekutif HIPSI, Sulaiman menyambut baik program ini. Keberadaan 99MART memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Mulai dari menciptakan pasar untuk UMKM serta meningkatkan produktivitas warga terhadap produk yang sudah ada maupun yang akan datang. “Selain itu juga membuat efisiensi dan efektivitas. Sebab dengan adanya 99MART ini masyarakat bisa ketemu langsung dengan user,” bebernya.

Sementara itu, Kades Curungrejo, Sujud AMd.Kep, bersyukur 99MART didirikan di wilayah kerjanya. Dengan adanya 99MART, ia berharap warganya bisa semakin sejahtera “Dari dulu saya sangat ingin meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat desa. Warga yang mempunyai keahlian hingga usaha UMKM bisa berkembang. Seperti produk kripik singkong, ubi, tempe dan hasil pertanian lainnya. Tak lupa juga hasil karya seni lukis yang berada di wilayah kami,” ujar Sujud. (ae1/adv/nda)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA