Jembatan Pelor, Penghubung ke PG Kebon Agung

  • 13-09-2018 / 20:15 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:abdi
Jembatan Pelor, Penghubung ke PG Kebon Agung malangpostonline.com

Jembatan yang sudah tidak asing ini merupakan salah satu peninggalan Cagar Budaya Masa Kolonial. Jembatan ini terletak di perbatasan wilayah RW 004 dan RW 005 Kelurahan Samaan dan membujur lurus melewati Sungai Brantas. Menghubungkan wilayah dari Kelurahan Oro-oro Dowo.

“Untuk namanya, masyarakat kadang rancu menyebut nama jembatan ini ada yang menyebut ‘peler’ ada yang menyebutnya dengan ‘pelor’. Sebenarnya penyebutan yang benar adalah “Jembatan Kelurahan Samaan,” ungkap Devan yang juga member dari Komunitas Jelajah Jejak Malang ini.

Ia menjelaskan pengertian dari toponimi nama ‘peler’ disini adalah tiang penyangga rel.

Devan menuturkan, disamping sebelah kanan dan kiri jembatan ini terdapat tiang-tiang penyangga yang sepintas membentuk pola trapesium. Dahulu jembatan ini merupakan jalur kereta lori pengangkut tebu menuju arah Pabrik Gula Kebon Agung dan Pabrik Gula Krebet yang kini tidak digunakan lagi, dan berubah fungsi menjadi jalur pejalan kaki.

“Dulu lantai jembatan ini terbuat dari kayu kemudian lama-kelamaan sepeda motor melewatinya, karena sering rusak maka diaspallah lantai jembatan tersebut,” tandasnya.

 Jembatan ini merupakan peninggalan zaman Kolonial Belanda yang digunakan sebagai sarana pengangkatan tebu dari arah Belimbing-Tulusrejo-Lowokwaru-Samaan dan seterusnya. Sisa-sisa pondasi jembatan ini bisa dilihat di depan masjid di Jalan. B.S. Riadi dekat Jembatan Peler.

Penggunaan kendaraan lori sudah tidak digunakan lagi sekitar tahun 1973, sehingga jembatan ini menjadi jalur “cepat” untuk menuju Oro-Oro Dowo ke Samaan dan juga sebaliknya. Sama seperti di daerah-daerah lain yang dilewati jalur-jalur rel kereta api atau jalur bekas lori, menurut keterangan penduduk, dahulu rel lori, baik saat masih aktif digunakan maupun saat sudah tak digunakan lagi, dimanfaatkan oleh anak-anak sebagai sarana bermain. (*)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA