Tilang Elektronik, Pengamat: Data Plat Nomor Kendaraan Harus Akurat!

  • 14-09-2018 / 10:29 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Tilang Elektronik, Pengamat: Data Plat Nomor Kendaraan Harus Akurat! Tilang Elektronik, Pengamat: Data Plat Nomor Kendaraan Harus Akurat! ilustrasi tilang. (Dok.JPC)

JAKARTA- Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung menilai pihak kepolisian untuk menerapkan penilangan elektronik. Namun, dia mengharapkan 'polisi bandel' yang meresahkan warga harus dibenahi terlebih dahulu.

"Tilang elektronik harus segera. Mau sampai kapan mengandalkan mata? Kapan mau maju?" kata Ellen saat dihubungi, Kamis (13/9).

Dia menekankan satu hal soal tilang elektronik. Yaitu data base yang harus akurat. Agar, ketika ada penilangan, nomor kendaraan yang teregistrasi bisa langsung terbaca. "No plat mobil

harus akurat karena elektronik mengandalkan data," singkat dia.

Soal oknum polisi yang masih 'bandel', kata dia, harus segera dibenahi oleh aparat kepolisian. "Harus ada dari bidang SDM yang menindak tegas polisi bandel.

Diktehaui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan segera menerapkan kebijakan pemberian bukti pelanggaran (tilang) secara elektronik . Namun, kesiapan kebijakan itu masih dirasa kurang.

Karena proses tilang elektronik harus menyinkronkan data antara Samsat dan Dinas Pendapatan Daerah DKI. Setelah tahap itu selesai, dilakukan pemasangan dua alat tilang elektronik, yakni electronic regristration indentification (ERI) dan electronic law enforcement (ELE).

Agar, data kendaraan bisa langsung terdeteksi ketika ada kendaraan yang melanggar. Tak hanya itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu polisi yang masih suka 'bandel' harus dibenahi terlebih dahulu. Sehingga, sistem itu bisa berjalan dengan baik.(bin/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA