Trump Bercuit Soal Tiongkok, Dolar Tumbang di Negara Berkembang

  • 14-09-2018 / 10:32 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Trump Bercuit Soal Tiongkok, Dolar Tumbang di Negara Berkembang Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Wilson/Getty Images/Vox/bua)

AMERIKA- Cuitan Presiden Donald Trump yang mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak menekan Tiongkok untuk menyepakati perjanjian dagang membuat Dolar AS keok dan  saham-saham bertumbangan.

Hal ini memicu transaksi saham-saham Asia. Dilansir Bloomberg, saham Asia tampaknya akan memperpanjang reli setelah saham teknologi mendorong ekuitas AS lebih tinggi.

Ekuitas di Jepang, Hong Kong dan Tiongkok memberi sinyak akan memulai perdagangan Jumat pagi lebih tinggi. Meneruskan reli pada Kamis karena investor menilai apakah perdagangan dua ekonomi

terbesar dunia tengah mereda atau justru sebaliknya.

 

“Mata uang negara-negara berkembang naik, dimana Lira melonjak setelah bank sentral Turki menentang presiden negara dan menaikkan suku bunga dengan jumlah yang lebih besar dari yang diperkirakan,” tulis Bloomberg, Jum’at (14/9).

Adapun, ekuitas di Asia mengakhiri pekan ini dengan memuaskan setelah penurunan 10 hari berturut-turut di tengah ketegangan perdagangan dan gejolak pasar berkembang, meninggalkan valuasi pada terendah dua tahun.

“Harapan bahwa pemerintah AS dan Tiongkok sedang menyusun rincian untuk putaran pembicaraan perdagangan baru membantu mengangkat sentimen meskipun jauh dari pasti apakah kemajuan yang berarti akan terwujud,” menurut Bloomberg.

Poundsterling naik setelah Bank of England mengangkat perkiraan untuk pertumbuhan dan menguat lebih karena greenback tergelincir. Begitupun dengan Euro yang menguat setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi menyatakan keyakinannya tentang pertumbuhan upah dan prospek inflasi.

Minyak mentah naik dalam dua hari akibat dari prospek untuk pasokan yang lebih ketat. Dampak dari Hurricane Florence ke komoditas memudar karena kecepatan angin yang lebih rendah.(uji/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA