Waspada Menit Akhir!

  • 17-09-2018 / 05:23 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Waspada Menit Akhir! Inilah analisa Arema FC vs Madura United

BEBERAPA pengamat, sering menyampaikan bahwa dalam sebuah pertandingan sepakbola, pada menit-menit awal dan menit-menit akhir adalah waktu yang rawan terciptanya gol. Artinya, pada menit tersebut, tim harus lebih waspada, jika tak ingin kebobolan. Meski bukan berarti, gol tidak tercipta, selain di menit awal dan akhir.

Bisa dipahami, gol pada menit awal tercipta lantaran kondisi tim seringnya belum siap 100 persen. Atau tim dalam proses penyesuaian atau tengah membaca kekuatan lawan. Juga karena faktor pemanasan yang terlambat. Apalagi untuk pertandingan di awal kompetisi atau pasca jeda kompetisi, awal babak pertama jadi ancaman bagi tim lemah konsentrasi.

Pelatih jeli, sering memanfaatkan momen di menit-menit awal ini.  Mencuri gol di awal babak pertama, jadi keuntungan tersendiri. Selain menaikkan mental bertanding, sebaliknya bisa merusak mental lawan. Jika itu terjadi, tim yang kebobolan lebih dulu, relatif tidak tenang, tergesa-gesa untuk membalas, dan kemungkinan mudah terpancing emosi.

Peluang menang pun terbuka. Begitu pun saat tim bisa cetak gol di menit akhir. Hampir dipastikan memiliki peluang besar untuk menang. Menyusul waktu tersisia sangat terbatas  bagi lawan untuk membalas atau menyamakan kedudukan. Apalagi saat pertandingan memasuki injury time, cetak gol penentu di menit ini, adalah sebuah kemenangan.

Nah, mampukah Arema memanfaatkan menit-menit awal dan menit-menit akhir ini untuk memenangkan pertandingan lawan Madura United di Stadion Kanjuruhan, sore ini? Meski ada peluang untuk itu, menurut saya, justru sebaliknya bagi tim Singo Edan. Ya, pada menit awal dan akhir, justru Madura United yang berbahaya, dan Arema yang waspada.

Membaca statistik Madura United, tim ini punya kemampuan cetak gol terbanyak di menit-menit akhir. Tepatnya di 15 menit terakhir. Dari total 31 gol yang telah dicetak Madura United, ada 38,7 persen gol yang dicetak pada kisaran menit 75 hingga 90. Fakta ini perlu diwaspadai tim Singo Edan yang justru sering hilang konsentrasi di menit-menit akhir.

Cetak gol terbesar kedua yaitu 22,6 persen terjadi di awal babak pertama. Artinya sejak kick off babak pertama hingga 15 menit, Madura United juga sering cetak gol. Selebihnya, terjadinya gol untuk Madura United tersebar mulai menit 15 hingga 75. Untuk itu, selain di menit akhir dan awal, Greg Nwokolo dkk tetap bisa cetak gol di pertengahan waktu pertandingan.

Bagaimana Arema? Berdasar statistik, kemampuan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA