Dorong Lahirnya Prodi Profesi Bidan

  • 19-09-2018 / 10:48 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:dinda
Dorong Lahirnya Prodi Profesi Bidan PROSESI: Prof Waego memberikan sambutan saat wisuda ke XII WHN, Sabtu lalu.

MALANG- Kota Malang akan memiliki Politeknik Kesehatan (Poltekkes) baru. Akademi Kebidanan (AKBID) Wira Husada Nusantara (WHN) kini dalam proses beralih nama menjadi Poltekkes WHN.

Upaya ini pun mendapat apresiasi Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jatim Netti Herlina. Menurutnya, Poltekkes memiliki kewenangan lebih besar dalam hal penambahan program studi. Salah satu yang sangat dibutuhkan saat ini adalah prodi Profesi.

“Prodi profesi ini menjadi kebutuhan, sebab pada 2030 nanti, bidan yang praktik mandiri harus bidan profesional,” ungkap Netti usai menghadiri wisuda mahasiswa AKBID WHN, Sabtu, (15/9/18) di Resto Dahar n Dine.

Ditegaskannya, standar profesi ini diberlakukan demi kualitas layanan Kebidanan. Seperti halnya profesi dokter, perawat, akuntan dan insinyur.

“Dosen harus profesional dan punya pengalaman kerja di bidang pelayanan sesuai profesi ya,” urainya.

Netti menuturkan, status baru ini juga menuntut kampus untuk lebih meningkatkan kualitas SDM. Terutama SDM dosen yang harus memenuhi kualifikasi minimal S2. Begitupula fasilitas dan peralatan praktikum yang juga harus memenuhi standar.

Sementara itu, Komisaris WHN Prof Dr Waego Hadi Nugroho ditemui terpisah menuturkan, selain menyiapkan status baru, WHN juga menyeriusi unit bisnis. Sejumlah bisnis kini dikembangkan dalam WHN Corporation. Ada Agribisnis, peternakan, dan rumah makan. (oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA