ITN Semangat Kembangkan Green Technology

  • 25-09-2018 / 10:54 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:dinda
ITN Semangat Kembangkan Green Technology AKRAB: (ki-ka) Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT dan Komisaris Malang Post H Husnun Djuraid. lailatul rosida/malang post

MALANG- ITN Malang konsisten mengembangkan energi terbarukan dan green technology sebagai focus penelitiannya. Dua hal tersebut menjadi ciri khas dan keunggulan penelitian yang ada di kampus teknologi tersebut.

Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT menuturkan, saat ini, telah banyak penelitian yang dihasilkan para dosen dalam dua bidang tersebut.

“Indonesia ini kaya dengan sumber daya seperti air, dosen ITN juga sudah mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan air yang melimpah di negeri ini,” ungkap Lalu dalam agenda silaturahmi Malang Post, kemarin.

Alumnus Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini mencontohkan, dengan memanfaatkan air, dosen ITN menciptakan teknologi untuk kampung-kampung yang belum dialiri listrik. Selain itu, ada pula terobosan untuk mendeteksi lalu lintas yang bisa membantu kerja pemerintah daerah.

Lebih jauh pria asal Lombok NTB ini menjelaskan, pembiayaan penelitian pun juga diprioritaskan untuk membiayai dua focus tersebut. Apalagi sudah dipayungi dalam rencana induk penelitian (RIP) dan visi misi ITN. Ditambah lagi, lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) ITN Malang juga memiliki anggaran yang cukup besar untuk menopangnya.

“Saat ini status LPPM ITN ada di kategori utama, dananya cukup besar dari pemerintah untuk mendukung penelitian dosen,” tegasnya.

Ia berharap, LPPM juga bisa terus meningkatkan performanya. Sehingga, pada 2019 mendatang bisa meningkat menjadi kategori Mandiri.

“Saat awal periode jabatan, saya sudah menargetkan 2015 LPPM bisa masuk kategori utama. Kemudian target selanjutnya bisa jadi Mandiri pada 2019,” pungkasnya. (oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA