Pagi Ini Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Kaltim dan Sumsel

  • 01-10-2018 / 10:09 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Pagi Ini Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Kaltim dan Sumsel Pelantikan guberur-wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2018 tahap pertama di Istana Negara. Pagi ini Presiden Jokowi akan melantik dua pasang gubernur terpilih untuk tahap dua. (Raka Denny/jpc)

JAKARTA - Setelah melantik beberapa pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih beberapa waktu lalu, pagi ini (1/10) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan lagi melantik dua pasangan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara. Mereka adalah gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Adapun gubernur-wagub terpilih periode 2018-2023 untuk Kaltim yakni Isran Noor dan Hadi Mulyadi dan Herman Deru dan Mawardi Yahya di Sumsel.

"Rencananya dua pasang calon gubernur terpilihakan dilantik pukul 10.30 WIB di Istana Negara," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar saat dikonfirmasi, Senin (1/10).

Pelantikan ini merupakan tahap kedua dari hasil Pilkada Serentak 2018. Sebelumnya Presiden Jokowi telah melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur terpilih tahap pertama pada 5 September 2018.

Mereka yakni Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Taj Yasin Maimoen.

Kemudian, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi.

Setelah menjalani prosesi pelantikan oleh kepala negara, istri dari kedua pasang gubernur Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan akan dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) serta menjadi Ketua Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Untuk pelantikan Dekranasda akan berlangsung di Wisma Negara namun Pelantikan Ketua PKK di Kantor Kemendagri," tandas Bahtiar.(rdw/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA