Joko Susilo Ingin Terus Didampingi IB, Kenapa?

  • 28-04-2018 / 07:30 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Joko Susilo Ingin Terus Didampingi IB, Kenapa? IB mendampingi latihan tim Arema.

MALANG - Intensitas kehadiran Iwan Budianto, yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) Arema FC, dalam kurun waktu dua pekan terakhir, berdampak positif pada performa Singo Edan. Bahkan, Pelatih Joko Susilo dengan tegas menyatakan jika kehadiran IB, berpengaruh besar pada kepercayaan diri pemain. Hingga akhirnya bisa meraih kemenangan atas Persipura, Jumat (27/4).
Ya, setelah hampir dua musim ‘menghilang’ dari tim Arema. IB akhirnya turun tangan dalam latihan tim Arema. Tepatnya, pasca insiden kericuhan di laga melawan Persib Bandung, 15 April 2018, IB aktif mendampingi pemain. Bahkan, sejatinya sejak beberapa hari sebelum lawan Persib, saat Arema menjalani outbond di Kusuma Agrowisata Kota Batu.
Usai lawan Persib, IB turun untuk melakukan jumpa pers menanggapi kejadian kericuhan. Lantas, dia juga sempat menjalani pertemuan dengan Arema. Hasilnya, permainan Arema di markas Madura United kian membaik, meski menelan kekalahan 2-3.
Setelah kepulangan tim dari Madura, Kepala Staf Bagian Umum PSSI itu hadir turut hadir dalam latihan Dendi Santoso dkk. Selama dua hari, dirinya mendampingi pemain dan tidak jarang langsung memberikan intruksi di tengah lapangan kepada pemain.
IB memotivasi dengan ciri khasnya, seperti mengucapkan kata ledekan kepada pemain, demi meningkatkan mental mereka. Bahkan pisuhan atau umpatan. IB juga terlihat ikut bermain sepak bola, dengan tujuan memompa keinginan pemain untuk bisa memberikan penampilan terbaik.
“Kehadiran CEO sangat bermanfaat bagi tim. Bukan saja soal teknis, namun juga non teknis seperti memberikan semangat,” ujar Pelatih Arema, Joko Susilo. 

Pelatih asal Cepu itu juga tidak malu-malu, mengharapkan IB bisa mendampingi tim, seperti beberapa tahun lalu. Dia ingin sang CEO mendampinginya di bench.
 “Kalau bisa dia juga mau mendampingi lagi tim di bench. Jujur, kalau boleh berharap seperti itu,” tutur Joko dengan wajah malu-malu.
IB sendiri, dalam waktu dua tahun terakhir jarang tampil di tim Arema. Statusnya sebagai pengurus PSSI, membuat bapak dua anak ini menjaga jarak dengan tim, demi menghindari anggapan miring dari beberapa pihak, yang menganggap Arema memanfaatkan posisi IB di kepengurusan PSSI.
Dia hanya memantau tim dari General Manager, Ruddy Widodo dan sering bertindak saat awal musim, untuk membantu proses bursa transfer tim. Selain itu, IB hanya sesekali saja hadir, saat Arema menjalani away di luar kota,

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA