Satu Bulan Uji Coba ETLE, Belum Ada Penindakan

  • 02-10-2018 / 10:32 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Satu Bulan Uji Coba ETLE, Belum Ada Penindakan Kendaraan mewah terekam CCTV ETLE saat melanggar lalu lintas. (Dok. TMC Polda Metro Jaya)

JAKARTA- Uji coba penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau penindakan pelanggaran lalu lintas elektronik resmi beroperasi per 1 Oktober kemarin. Ditlantas Polda Metro Jaya baru mengoperasikan dua kamera CCTV yang terpasang di ruas jalan Thamrin dan Sudirman untuk memantau.

Kendati demikian, Ditlantas PMJ belum akan menindak kepada pelanggar lalu lintas. Sebab, uji coba ETLE masih menguji tingkat akurasi pemantauan kamera terhadap aktivitas lalu lintas di dua jalan protokol ibu kota tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan uji coba ETLE dilakukan selama 30 hari. Pihaknya masih memantapkan sistem penindakan pelanggaran lalu lintas melalui pusat Traffic Management Centre (TMC).

"Uji coba ini baru dua kamera, semuanya masih proses. Beberapa sudah diketahui ada yang melanggar, tapi belum bisa menindak. Kami tunggu sampai 30 hari untuk sosialisasi," ujarnya kepada awak media di Kantor TMC Ditlantas PMJ, Senin (1/10).

Rambu ETLE Belum Terpasang

Sayangnya uji coba ETLE ini belum didukung oleh rambu-rambu. Pemasangan rambu merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Wijatmoko mengatakan, rambu untuk e-Tilang memang belum terpasang di jalur uji coba.

Dalam persiapannya, Sigit mengaku belum menyediakan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) yang menandai kawasan penerapan sistem e-Tilang. Sigit menyatakan rambu baru akan dipasang sore ini (Senin, 1 Oktober kemarin).

"Kami dimintai bantuan untuk siapkan rambu petunjuk RPPJ yang menyatakan bahwa di situ adalah kawasan penegakan hukum secara elektronik. Ini lagi produksi mudah-mudahan sore selesai dan bisa dipasang,” terangnya.

Sementara waktu, Sigit akan menyediakan Variable Message Sign (VMS) fungsinya memberikan pemberitahuan kawasan penindakan e-Tilang. Lokasi yang menjadi kawasan uji coba e-Tilang adalah perempatan Sarinah dan persimpangan Patung Kuda.

Pelangaran Didominasi Mobil Mewah

Dalam uji coba ETLE yang dilakukan, Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan banyak pengendara melanggar aturan berlalu lintas. Pelanggaran tersebut terekam CCTV yang di dua jalur protokol Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Dirlantas PMJ, Kombes Pol Yusuf menunjukkan beberapa contoh tangkapan gambar

pelanggaran yang terjadi pada Minggu, (30/9) hingga Senin (1/10) dini hari. Pengoperasian awal ETLE di ruas jalan protokol tersebut menunjukkan banyak pengemudi melanggar lalu lintas.

"Ini hasil tangkapan layar tadi malam. Tidak sedikit kendaraan terekam CCTV yang melanggar lalu lintas," ujarnya di gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Metro, Senin (1/10).

Yusuf tidak

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA