Belajar Literasi, Ajak Siswa Observasi Pulau Bali

  • 05-10-2018 / 10:10 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:angga
Belajar Literasi, Ajak Siswa Observasi Pulau Bali Wisata juga bisa menjadi salah satu cara mengajarkan literasi kepada siswa. Seperti dilakukan SMAK Frateran dengan mengajak siswa berwisata ke Bali (ist)

MALANG – Wisata juga bisa menjadi salah satu cara mengajarkan literasi kepada siswa. Seperti dilakukan SMAK Frateran dengan mengajak siswa berwisata ke Bali. 

"Program studi observasi ini bermanfaat untuk menguatkan budaya literasi pada anak-anak. Kami sangat serius dalam program literasi ini mengingat manfaatnya yang begitu besar terhadap wawasan siswa," ucap Kepala SMAK Frateran, Drs. Markus Basuki, M.Pd. 

Ia menjelaskan, hasil observasi siswa disusun menjadi sebuah karya tulis ilmiah. Selanjutnya siswa melaporkannya dalam bentuk naskah dan dipresentasi di depan penguji dan teman-temannya. 

Ketua Program Observasi, Yosephin Lilin Setyowati, S.Pd mengatakan sebulan sebelum berangkat ke Bali siswa telah dibekali metode dan mekanisme penulisan karya tulis ilmiah.  Hal ini untuk mempermudah siswa dalam mengolah dan melaporkan hasil penelitian mereka. 

Di bidang Kimia dan Biologi, siswa mengobservasi Hutan Mangrove. Mereka mempelajari kadar oksigen di hutan mangrove serta pengaruh kadar garam terhadap pertumbuhan membran sel. Bidang bidang fisika siswa berkunjung ke BMKG.Disana siswa mempelajari cuaca terhadap penerbangan di Bali. Di bidang Geografi siswa mempelajari terbentuknya Danau Batur di Geopark. Bidang Bahasa Indonesia mereka mempelajari perbedaan Bahasa Bali dan Bahasa Jawa. 

“Semuanya anak-anak kami bimbing dan kami antarkan ke pusat pembelajaran sesuai bidang mata pelajarannya. Termasuk sosiologi, mereka belajar tatanan hidup masyarakat desa adat Panglipuran. Untuk materi sejarah, mereka belajar di museum Pasifika,” terangnya. (imm/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA