Ungkap Pentingnya Rasa Memiliki

  • 05-10-2018 / 10:12 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:angga
Ungkap Pentingnya Rasa Memiliki Ketua STIE Indonesia Dr. Drs. Suyitno, M.Pd.

SENSE of belonging harus ditanamkan pada seluruh anggota dalam organisasi. Caranya, dengan melibatkan anggota dalam segala urusan mulai dari penganggaran hingga perencanaan. Dengan demikian, tanggung jawab akan meningkat.

Hal tersebut diteliti Ketua STIE Indonesia Dr. Drs. Suyitno, M.Pd. Kepada Malang Post ia mengatakan, jurnal yang telah ia tulis telah terpublish di International Journal of Advanced Research (IJAR). 

"Jika seseorang merasa memiliki maka ada rasa tanggungjawab. Ketika bertanggungjawab, kinerjanya akan maksimal dan akan berpengaruh pada hasilnya," terang Suyit.

Suyit melakukan penelitian di RSU Kepanjen. Dari hasil observasi yang dilakukan, ia mencoba mengimplementasikan di manajemen organisasi yang ada di STIE Indonesia. 

"Ternyata memang berhasil, karyawan atau pegawai kampus yang dilibatkan dalam perencanaan itu lebih bertanggungjawab. Sampai urusan yang ditanganinya itu selesai," tuturnya. 

Ia menambahkan, kinerja karyawan yang maksimal akan berdampak pada kualitas instansi. Maka jika sebuah instansi atau manajemen mampu mengakomodir seluruh potensi karyawan, maka tingkat kepuasan kerja oleh karyawan semakin meningkat. 

“Karena mereka merasa diakui potensinya sehingga ada rasa puas,” imbuhnya.

Dari jurnal yang ditulisnya, Suyit berharap menjadi sebuah wacana bagi publik utamanya bagi para manajerial di instansi untuk tidak ragu memberikan mengoptimalkan potensi karyawannya. Sebab menurut Suyit, karyawan di Indonesia rata-rata masih berjiwa konsumtif. Tidak ada inisiatif untuk melakukan pergerakan jika tidak disuruh.

“Kalau dibiarkan saja maka tidak akan berkembang, maka semua potensi harus dikembangnya dengan cara melibatkan karyawan atau pegawai dalam perencanaan,” tukasnya. (imm/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA