Semua Mata Pelajaran Usung Isu Lingkungan

  • 05-10-2018 / 10:15 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:angga
Semua Mata Pelajaran Usung Isu Lingkungan Kepala SMPK Santa Maria 2, Sr. M. Dorothea, SPM., S.Pd

MALANG - Tahun ini, SMPK Santa Maria 2 menjadi salah satu sekolah yang  lolos Adiwiyata Provinsi dan melaju ke tingkat nasional. Sertifikat adiwiyata diberikan oleh Gubernur Jawa Timur,  di PJB PLTU Paiton Probolinggo beberapa waktu yang lalu. 

Kepala SMPK Santa Maria 2, Sr. M. Dorothea, SPM., S.Pd mengaku persiapan yang dilakukan untuk seleksi adiwiyata provinsi tidak mudah. Banyak kriteria penilaian yang harus dipenuhi sebagai syarat lolos ke tingkat nasional. 

"Kami bersyukur dan bangga, tahun ini kami lolos dan menjadi satu-satunya sekolah katolik yang melaju ke nasional," ujarnya.

Dorothea memaparkan, ada empat kriteria yang dinilai dalam seleksi adiwiyata provinsi oleh tim asesor. Antara lain kebijakan, kurikulum, partisipan dan sarana prasarana. Sekolah adiwiyata harus memiliki kebijakan peduli dan berbudaya lingkungan.

“Kebijakan ini dikembangkan dengan visi misi sekolah, pengembangan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup dan lain-lain,” ucapnya.  

Adapun pada bidang kurikulum harus berbasis pada lingkungan. Salah satu implementasinya yaitu guru harus mampu mengintegrasikan setiap mata pelajaran dengan materi lingkungan. "Disini guru dituntut kreatifitas dan inovasinya, sehingga materi pelajaran apapun dapat terintegrasi dengan lingkungan," terangnya.

Berikutnya, kata dia, ada partisipan. Yaitu peran serta masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dalam hal ini, sekolah juga melibatkan orang tua siswa dan masyarakat sekitar dalam sebuah kegiatan aksi lingkungan hidup.
“Termasuk membangun kemitraan dan memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan di sekolah,” tambahnya.

Indikator penilaian yang keempat yaitu pengelolaan atau pengembangan sarana pendukung di sekolah. Menurutnya, dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang mencerminkan upaya pengelolaan lingkungan hidup.  (imm/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA