Mendaki, Belajar Sabar

  • 05-10-2018 / 18:18 WIB - Editor: Abdul halim
  • Uploader:abdi
Mendaki, Belajar Sabar Agatha Ayuning

Gunung merupakan salah satu tempat pilihan bagi seorang untuk mencari ketenangan. Termasuk bagi perempuan cantik bernama Agatha Ayuning untuk menghabiskan waktu liburnya. Agatha sapaan akrabnya, menceritakan, mendaki gunung merupakan bagian dari hobinya. Di mana ia mulai cinta mendaki gunung sejak mengikuti organisasi Pencinta Alam di sekolah.

"Punya hobi mendaki gunung sangat menyenangkan sekali. Itu karena banyak pelajaran yang didapat seorang saat mendaki gunung. Pengalaman itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar perempuan Malang, 7 Agustus 1993 ini.

Alumnus SMAN 7 Malang ini menjelaskan lebih lanjut, dari mendaki gunung ia mulai belajar untuk mandiri. Baik saat bekerja di lingkungan sekitar, maupun di lingkungan rumahnya. "Dari situ ada banyak hikmah yang saya dapat dari mendaki. Mulai dari betapa pentingnya semangat dan pengorbanan untuk mencapai tujuan, belajar menjadi seorang yang mawas diri, dan juga mengerti bagaimana pentingnya kerja sama dengan tim," beber perempuan yang bekerja sebagai operator di Cemara Ballroom Karangploso ini.

Tak hanya itu, melalui hobinya tersebut Agatha juga mendapat banyak teman baru hingga bertukar pengetahuan tentang alam. Apalagi diungkapkannya, jika dirinya bukan pendaki ulung dan hanya beberapa gunung yang pernah ia daki. Yakni Panderman, Ijen, Welirang, dan Semeru.

Namun yang terpenting, dari hobi mendaki itu, satu hal yang didapat dan diterapkan pada kenyataan yaitu sabar. "Jadi bukan harus mencapai puncak gunung tertinggi saja. Tapi proses dalam pendakiannya. Mulai dari beban, kerja sama tim, dan rintangan yang harus dilewati dengan kondisi lelah," pungkasnya. (eri/lim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA