Siswa BA Restu 2 Hijaukan Kelurahan Penanggungan

  • 07-10-2018 / 22:29 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:angga
Siswa BA Restu 2 Hijaukan Kelurahan Penanggungan SUMBANGAN SISWA: BA Restu 2 Malang mengajak seluruh siswanya menanam 250 pohon pucuk merah di sekitar sekolah, Sabtu (6/10) lalu.(ist)

MALANG – Puncak tema Lingkunganku, BA Restu 2 Malang mengajak seluruh siswanya menanam 250 pohon pucuk merah di sekitar sekolah, Sabtu (6/10) lalu. Ratusan pohon tersebut disebar ke empat titik yakni poros jalan Bogor, Pandeglang, Anyer, dan Banten. Kegiatan ini merupakan implementasi sub tema lingkungan masyarakat yang melibatkan siswa untuk terjun langsung dalam penghijauan di lingkup kecil.

Sebelum penanaman, terlebih dahulu siswa mengikuti kegiatan bersih-bersih yang dilanjutkan kerja bakti di sekitar sekolah. Menanam pohon pucuk merah merupakan gebyar puncak tema yang baru pertama kalinya dilakukan oleh BA Restu 2 Malang. Tak heran apabila seluruh peserta bersemangat di setiap rangkaian acara, bahkan tak takut meski harus kotor-kotoran.

“Kami minta anak-anak membawa pohon pucuk merah hingga akhirnya terkumpul 250 pohon. Tujuannya untuk mengenalkan dan memberi kesempatan kepada mereka untuk belajar langsung bagaimana menanam pohon supaya tercipta rasa cinta terhadap tanaman,” ujar Kepala BA Restu 2 Malang, Dra. Siti Asiyah.

Penanam pohon pucuk merah yang dilakukan oleh BA Restu 2 Malang sekaligus untuk membiasakan perserta didik sejak dini peduli terhadap lingkungannya. Bahkan tidak hanya menanam namun juga merawatnya. Apabila pembiasaan rutin ini dilaksanakan tidak menutup kemungkinan akan timbul rasa cinta untuk menjaga lingkungan serta berperan dalam penghijauan di masa mendatang.

Selain itu, setelah praktik langsung menanam pohon di sekolah selanjutnya harus diaplikasikan di rumah bersama dengan orang tua. Tema Lingkunganku yang diterapkan oleh BA Restu 2 Malang terdiri dari 3 sub tema yakni lingkungan sekolah, lingkungan rumah, dan lingkungan masyarakat.

“Cinta lingkungan ini juga sudah kami kenalkan setiap harinya seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan, bahkan ini sudah menjadi pembiasaan di lingkungan sekolah kami,” urai Bu As, sapaan akrab Siti Asiyah.

Bila sebelumnya puncak tema Lingkunganku lebih mengarah pada kunjungan ke beberapa lokasi seperti Kampung Warna-warni Jodipan, Pondok Pesantren, dan Masjid. Kali ini diarahkan ke kegiatan intern di lingkungan sekolah. Disisi lain, pemilihan tanaman pucuk merah selain mudah perawatannya juga dapat memberikan nilai keindahan.

Kegiatan puncak tema Lingkunganku BA Restu 2 Malang juga dihadiri oleh Lurah Penanggungan, Dwi Hermawan Purnomo, S.STP, Ketua RW 02, Abdul Hakim, dan Ketua RT 03, Totok M. Menurut Dwi, penanaman pohon yang dilakukan oleh siswa ini merupakan wujud kepedulian sekolah

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA