Imbaskan Mutu ke Lima Sekolah

  • 10-10-2018 / 11:45 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
 Imbaskan Mutu ke Lima Sekolah

MALANG - SMP Negeri 1 Lawang sebagai salah satu sekolah rujukan di Kabupaten Malang, berkewajiban memiliki lima sekolah imbas. Dengan tujuan, lima sekolah imbas tersebut memiliki kualitas dan mutu yang sama dengan SMPN 1 Lawang.

Oleh karena itu, Kepala SMPN 1 Lawang Endik Yuliasto, S.Pd., M.Pd  mengimbaskan ke sejumlah sekolah yakni SMPN 1 Tumpang, SMPN 2 Turen, SMPN 2 Lawang, SMPN 3 Lawang dan SMP Al-Maarif 1 Lawang.

Endik menyebutkan, dalam program pengimbasan, ada beberapa poin yang harus diimbaskan kepada sekolah lain. Diantaranya ekosistem pendidikan yang kondusif, sekolah menjadi pusat keunggulan, Sistem Penjaminan Mutu Internal, Penelitian Tindakan Kelas dan Literasi.  “Melalui beberapa poin ini kami berharap sekolah imbas semakin meningkat mutunya,” ucap Endik kepada Malang Post.

Mantan Kepala SMPN 3 Singosari ini menjelaskan, dalam proses pengimbasan digunakan pola ‘in-on-in’. In pertama, dengan mengundang sekolah imbas ke SMPN 1 Lawang, untuk dilakukan bimbingan secara teori. Tahap kedua On, yaitu mengunjungi dan meninjau sejauh mana program yang dijalankan sekolah imbas. Sedangkan tahap ketiga In, adalah proses pelaporan sekolah imbas kepada sekolah rujukan.

"Jadi pertama mereka kami undang, yang kedua kami yang mengunjungi mereka dan yang ketiga, mereka menyerahkan laporan," paparnya.

Endik menambahkan, selama proses pengimbasan, produk pelaksanaannya dimonitoring oleh Direktorat Jakarta. Untuk itu, program ini tidak bisa dikatakan main-main mengingat predikat sekolah imbas sangat berat.

Artinya, gelar tidak cukup sebagai kebanggaan semata. Lebih dari itu, harus ada upaya konkrit yang membuktikan bahwa kualitas pendidikan di Sekolah Rujukan memang nyata. “Gelar ini menjadi sebuah tanggungjawab bagi kami, untuk bisa dipertahankan dengan peningkatan kualitas dan mengimbasi sekolah yang lain,” tuturnya.

Pria ramah ini berharap, SMPN 1 Tumpang dan SMPN 1 Turen sebagai sekolah maju di luar Kecamatan Lawang, tahun depan juga bisa mendapat gelar yang sama sebagai sekolah rujukan. “Harapan kami demikian, karena saya mendapat informasi dari Direktorat, Sekolah Rujukan hanya ada satu dalam satu kecamatan. Demikian juga kami berharap, mutu dan kualitas SMPN 2 Lawang dan SMPN 3 Lawang semakin meningkat,” tukasnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr. M. Hidayat, MM., M.Pd mengatakan, peningkatan mutu sekolah di wilayah Kabupten Malang harus terus ditingkatkan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencapai mutu pendidikan yang bagus. “Guru pun harus meningkatkan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA