Bos IMF Bicara Soal Ekonomi Global yang Belum Cukup Kuat

  • 11-10-2018 / 13:45 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Bos IMF Bicara Soal Ekonomi Global yang Belum Cukup Kuat Bos IMF Christine Lagarde mengunjungi paviliun Indonesia dalam forum IMF-World Bank di Bali. (Fedrik Tarigan/Jpc)

BALI – Internasional Monetary Fund (IMF) mengoreksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,7 persen pada tahun ini. Proyeksi itu jauh lebih rendah dibandingkan sebelumnya yang sebesar 3,9 persen.

Selain itu, proyeksi pertumbuhan sebesar 3,7 persen diperkirakan juga akan terjadi di 2019. Managing Director IMF Christine Lagarde mengungkapkan, proyeksi itu menggambarkan kondisi ekonomi global yang cukup sesuai.

"Apakah (ekonomi) cukup kuat? Tidak cukup. Bahwa pertumbuhan stagnan di 3,7 persen. Selain itu tidak imbang di seluruh dunia," ujarnya di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Lagarde menjelaskan, pada saat kondisi ekonomi global yang belum tumbuh kuat, maka masing-masing negara harus mampu membuat kebijakan pada sistem perdagangan mereka. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi guncangan saat gejolak perang dagang AS dan Tiongkok semakin memanas.

"Untuk di masa depan, kalau pelayanan jasa tidak dicakup, digital juga tidak dicakup, maka kita kehilangan produktifitas," tandasnya.  (hap/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA