KPK Periksa 6 Pejabat, Satu Swasta

  • 12-10-2018 / 23:35 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:irawan
KPK Periksa 6 Pejabat, Satu Swasta

MALANG- Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai melakukan pemeriksaan para saksi terkait dengan perkara dugaan gratifikasi. Dengan tersangka Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna dan  dua pengusaha yaitu Eryk Armando Talla, serta Ali Murtopo sebagai tersangka. KPK memeriksa sekitar tujuh saksi dari pejabat Pemkab Malang dan satu swasta, kemarin.

Total ada 9  orang yang diperiksa di Polres Malang, namun termasuk dua di antaranya adalah mantan Sekretaris Daerah Kota Malang, Cipto Wiyono dan anggota DPRD Kota Malang, Drs Ec RB Priyatmoko Oetomo. Mereka diperiksa untuk pengembangan kasus dugaan korupsi di Kota Malang. Sedangkan untuk kasus Kabupaten Malang, para saksi antara lain:

Sampurno ( Sekretaris BLH), Tridiyah M (mantan Kepala BLH), Dwi July (Kasubag keuangan BLH), Sophia L (bendahara BLH), Riki H (swasta), Thory S (BPKAD) dan M. Imron (BPKAD). Pemeriksaan sendiri diagendakan mulai pukul 10.00. Menurut salah satu tim penyidik KPK, 9 saksi dipanggil semuanya hadir. 

Dari 9 saksi yang dipanggil, paling terakhir keluar dari ruang pemeriksaan adalah Thory S. Pria yang masih mengenakan seragam Korpri ini keluar dari ruang pemeriksaan pukul 19.50. Namun demikian, dia tidak mau berkomentar. Saat Malang Post bertanya berapa pertanyaan yang diajukan penyidik, Thory hanya mengatakan biasa.

Dia juga hanya tersenyum dan menjawab biasa saat ditanya pertanyaan yang ditanyakan terkait apa. “Biasa,” katanya sembari berlalu.

Tak hanya Thory, yang sedikit bicara. Dwi July (Kasubag Keuangan Badan Lingkungan Hidup, sekarang Dinas Lingkungan Hidup) juga bungkam. Wanita yang keluar pukul 16.14 ini memilih diam, dan langsung menuju mobil warna hitam yang parkir di tepi jalan depan ruang Bhayangkari. Bahkan meski wartawan mencerca banyak pertanyaan, dia tetap bungkam.

Begitu juga H. M. Imron Rosyadi Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) juga tak memberikan keterangan tentang pemeriksaan yang dijalaninya. Imron yang sempat keluar untuk  Salat Ashar hanya mengatakan pemeriksaan belum selesai.

“Saya mau ke musala dulu, Salat Ashar. Ini masih belum selesai,” akunya. 
Sementara Sophia L, meski awalnya sempat diam lantaran pemeriksaan belum kelar, tapi kemudian dia buka suara. Dimintai keterangan usai melaksanakan Salat Ashar, wanita ini mengaku banyak pertanyaan yang diberikan penyidik. Dia juga mengaku, pertanyaan yang diberikan penyidik seputar Rendra Kresna. “Ya tentang pak Rendra saja,” kata Shopia.

Tapi demikian dia kemudian

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA