Per Hari ini, Sanusi Jabat Bupati Malang

  • 16-10-2018 / 16:52 WIB - Editor: Hari Santoso
  • Uploader:HAS
Per Hari ini, Sanusi Jabat Bupati Malang M Sanusi didampingi Forkompimda Kabupaten Malang menerima SPT sebagai Bupati Malang. (HARY SANTOSO/MALANGPOST)

SURABAYA – Sehari pasca penahanan Rendra Kresna oleh KPK, Gubernur Jatim langsung ambil sikap. Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Soekarwo langsung menunjuk M Sanusi, Wakil Bupati Malang sebagai Plt (Pelaksana Tugas) Bupati Malang.

‘’Pelayanan publik jangan terhenti. Jangan terganggu. Karena pembangunan tetap harus jalan,’’ tandas Soekarwo kepada MP usai menyerahkan Surat Perintah Tugas (SPT) ke M Sanusi di Gedung Grahadi, Selasa siang.

Pakde Karwo mengulangi, penahanan Rendra Kresna tidak boleh berpengaruh terhadap pelayanan publik. Sebab, tugas pokok pemerintah adalah melayani.  ‘’Jangan sampai pemerintahan itu kosong,’’ ucapnya dengan menyebut  SPT Nomor 131.420/1104/011.2/2018.

Kementrian Dalam Negeri langsung berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, pasca penahanan Rendra Kresna, Senin sore. Hasilnya, Mendagri minta Pemprov Jatim segera membuat SPT kepada Wabup Malang.

Setelah menerima SPT itu, lanjut Pakde Karwo, M Sanusi bisa menjalan tugas dan wewenang sebagai Bupati Malang.  Ini sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Instruksi Mendagri.

‘’Tapi ada keterbatasan. Kalau ada kesulitan dan perlu cepat mengambil keputusan, maka bisa dibicarakan dengan Forkompimda. Kemudian membuat surat ke gubernur. Setelah itu diteruskan kepada Mendagri,’’ rincinya.

Ditambakan dia, hal-hal yang berkaitan kebijakan strategis tidak boleh dilakukan wabup. Sedang untuk membuat perjanjian bisa berkonsultasi kepada Kajari yang fungsinya sebagai pengacara negara. ‘’Yang paling penting lagi, segera selesaikan APBD Tahun 2019. Paling lambat 15 Desember 2018,’’ pungkas mantan Sekdaprov Jatim ini. (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA