Perayaan Serba 17, Bangun Bangsa dari Batu

  • 17-10-2018 / 23:42 WIB - Editor: vandri battu
  • Uploader:angga
Perayaan Serba 17, Bangun Bangsa dari Batu SEMANGAT 17: (1) Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko MSi, (2) Wawali Kota Batu Punjul Santoso, (3) Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo, (4) Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, (5) Sekda Drs. Zadiem Efisiensi MSi berbaur bersama sejumlah tokoh merayakan HUT ke 17 Kota Batu di Balai Kota Among Tani. (Foto-foto: Ipunk Purwanto/Malang Post)

BATU-Malam gelaran HUT ke 17 Kota Batu, Rabu (17/10) tadi malam jadi selebrasi serba 17. Mulai dari kirab 17 tumpeng  hingga pementasan Tari Bedayan Among Tani selama 17 menit. Wali Kota Batu Dra Dewanti Rumpoko MSi bangkitkan semangat warga bangun negeri dari kecil seperti Batu.

Pagelaran hiburan yang dipusatkan di Balai Kota Among Tani itu berlangsung meriah. Nuansa budaya sangat terasa. Diawali kirab 17 tumpeng dari perwakilan tiga Kecamatan di Kota Batu yang diserahkan kepada Bude, sapaan akrab Dewanti Rumpoko. Iringan gending membuat susana semakin khidmat. Usai arak-arakan tumpeng, langsung  dilanjutkan dengan 17 penari menampilkan Tari Bedayan Among Tani selama 17 menit. 

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono mengatakan semua pementasan memiliki makna. Arak-arakan tumpeng hingga drama tari Sang Dewi Tani simbolkan sosok sang Dewi Sri sebagai Dewi Padi atau tetumbuhan. Harapannya Kota Batu makin subur dan makmur.

Begitu juga Tari Bedayan Among Tani oleh 17 penari dimaknai keterbukaan dan kesederhanaan. “Bedayan ini dimaknai sebagai media terjalinnya hubungan yang harmonis antara satu dengan lainnya. Artinya, hubungan antara jagat besar yaitu para pemimpin dan pemerintah dengan jagat kecil yaitu rakyat petani yang ada di Kota Batu menuju pencapajan hakiki dan kesempurnaan ,” papar Imam.

Sementara itu tadi malam dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan lakon Amarta Binangun dibawakan oleh Ki Tantut Sutanto asal Jogjakarta.  Lakon tersebut menceritakan perjuangan Pandawa membangun Kerajaan Amartha, sepeninggal ayah mereka Prabu Pandu Dewanata.

Peringatan HUT ke 17 tahun Kota Batu,  diperingati dengan 35 kegiatan. Salah satunya upacara HUT Kota Batu yang digelar di depan Balai Kota Among Tani. Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si selaku inspektur upacara juga mengajak semua elemen masyarakat untuk menggunakan momen hari jadi Kota Batu  sebagai instropeksi diri untuk membangun negara dari kota kecil.

Dalam momentum HUT Kota Batu yang bersamaan dengan HUT ke 73 Provinsi Jawa Timur itu, Dewanti menyampaikan bahwa 12 Oktober 1945 disepakati sebagai HUT Pemprov Jatim bersamaan dengan HUT Kota Batu. Di mana Kota Batu salah satunya daerah pemekaran di Jatim yang mengalami perkembangan yang sangat signfikan.

“Sebagai daerah otonom yang baru, Kota Batu akan terus meningkatkan dan mengembangkan fasilitas, pelayanan pemerintah dan infrastuktur dan peningkatan pelayanan ekonomi masyarakat. Itu sudah sesuai

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA