Pemkab Malang Raih Peringkat 4 Top 10 Smart Sanitation Award (SSA) 2018

  • 25-10-2018 / 18:44 WIB - Editor: marga
  • Uploader:irawan
Pemkab Malang Raih Peringkat 4 Top 10 Smart Sanitation Award (SSA) 2018 IST/MALANG POST PENGHARGAAN: Kementerian PUPR memberikan penghargaan bidang sanitasi kepada bupati dan walikota yang peduli, salah satunya Kabupaten Malang.

JAMBI–  Pemkab Malang menerima penghargaan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kamis (25/10) atas kepeduliannya terhadap masalah sanitasi. Penghargaan itu diberikan dalam acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel Luxury, Kota Jambi.

Khusus Pemkab Malang, penghargaan diberikan kepada Kabid Permukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Farid Habizah, mewakili Bupati Malang, Rendra Kresna. 

“Sebetulnya penghargaan diterima oleh Bupati Malang, tetapi karena berhalangan dan saya juga ada kegiatan, akhirnya diwakilkan pada Kabid Permukiman,” ungkap Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM kepada malangpostonline.com.

Menurutnya, penghargaan bidang sanitasi ini, diberikan setiap dua tahun sekali kepada bupati dan walikota yang peduli di Indonesia. Kabupaten Malang, dari total 491 kota/kabupaten se-Indonesia, menduduki peringkat 4 Top 10 Smart Sanitation Award (SSA) 2018.

Ada empat poin penilaian untuk program sanitasi ini. Pertama yakni kelengkapan data Nawasis (National Water Supply and Sanitation Information Service). Kedua keaktifan sebagai anggota Akkopsi (Aliansi Kota Kabupaten Peduli Sanitasi). 

Kemudian terobosan dan inovasi di bidang sanitasi. Dan terakhir penghargaan yang telah diterima selama tiga tahun terakhir. “Kebetulan keaktifan Bupati Malang dalam program sanitasi di Kabupaten Malang ini sangat luar biasa,” terangnya. 

Catatan Malang Post, Rendra sendiri tercatat sebagai Ketua I Akkopsi. Dikatakan dia, peran Pemkab Malang, untuk mengembangan program sanitasi, terus dilakukan di setiap desa. Salah satunya dalam kegiatan bina desa. 

“Melalui perpaduan bedah rumah dan program jamban keluarga serta TPA, DPKPCK terus mengajak masyarakat untuk menggunakan sanitasi dengan baik. Kami ada duta sanitasi yang ikut mengajak masyarakat peduli lingkungan,” katanya. 

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Malang ini mengatakan bahwa program peningkatan sanitasi saat ini sudah mencapai 85 persen. Untuk mencapai target 100 persen, akan dimaksimalkan hingga akhir tahun 2019 nanti. (agp/mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA