Sukses Tingkatkan Kualitas Kampus

  • 25-10-2018 / 22:42 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:hargodd
Sukses Tingkatkan Kualitas Kampus grafis: hargodd,tem/mp

MALANG- Prof. Dr. AH Rofi’uddin MPd kembali dipercaya memimpin Universitas Negeri Malang (UM). Calon petahana itu terpilih sebagai Rektor UM periode kedua, 2018-2022 dalam pemilihan yang digelar di ruang rapat senat UM, Kamis (25/10) kemarin. Rencananya Rofi’uddin dilantik Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D, Jumat (26/10) hari ini di Jakarta.

Dalam pemilihan Senat UM kemarin, rektor periode 2014-2018 itu mengantongi 60 suara dari 92 suara senat. Sedangkan pesaingnya, Prof. Dr. Dawud, M.Pd mendapat 25 suara lalu disusul Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd mendapat tujuh suara. Sesuai prediksi, Rofi’uddin mendpat 32 suara dari Menristekdikti. 

Sekretaris Jenderal Menristekdikti Ainun Naim mengatakan siapapun yang terpilih menjadi rektor adalah pilihan dari civitas UM sendiri. Rektor terpilih harus mampu menjadi pemimpin yang baik dan bisa memberikan pelayanan terbaik pula. “Sebagai rektor terpilih, kami berharap kepada Pak Rofi’uddin untuk bisa melayani warga UM secara keseluruhan,” ucapnya.

Menurut Ainun, Rofi’uddin kembali terpilih karena kepercayaan dari senat dan civitas kampus. Sejauh ini telah banyak kemajuan yang telah dicapai selama kepemimpinan di periode pertama. 

“Mungkin itu yang menjadi pertimbangan. Dilihat dari perkembangan UM secara kualitas yang terus meningkat. Termasuk nilai akreditasi dan pelaksanaan tugas Tri Dharma perguruan tinggi,” ungkap pria yang merintis karir sebagai dosen sejak masih IKIP Negeri Malang tahun 1985 lalu ini. 

Sementara itu Rofi’uddin mengatakan, terpilihnya dia kembali sebagai rektor UM merupakan kepercayaan dan proses kerja yang baik dari semua pihak. Ia berharap dengan selesainya pemilihan rektor, kompetisi juga selesai. “Mari kita bersatu kembali untuk mencapai visi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Sebagai rektor terpilih, saat ini Rofiuddin terus berpikir untuk memajukan UM. Dalam waktu dekat ia akan melanjutkan program sebelumnya. “Utamanya yang berkaitan dengan visi misi yang saya janjikan. Dengan target yang lebih spesifik,” kata mantan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun  1997-1998 itu. 

Rofi’uddin tidak menjelaskan secara rinci program apa saja yang akan dilakukan setelah dilantik menjadi rektor. “Menuggu pelantikan dulu dan pembentukan kabinet yang baru, seperti wakil rektor, dekan dan sebagainya,” terangnya.

Mantan Asisten Direktur II Pascasarjana UM ini juga tidak memastikan apakah jajaran senat akan mengalami banyak perubahan di periodenya yang kedua. Namun yang pasti kata dia, sususan senat, dekan bahkan kepala laboratorium akan mengalami

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA