Ridwan Kamil Rencanakan Visi Jabar Sebagai Provinsi Pariwisata

  • 02-11-2018 / 10:22 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Ridwan Kamil Rencanakan Visi Jabar Sebagai Provinsi Pariwisata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Siti Fatonah/jpc)

JAWA BARAT- Jawa Barat adalah salah satu Provinsi yang memiliki banyak destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan. Destinasi alam, situs sejarah, tempat nongkrong asyik, dan lainnya. Namun banyaknya potensi wisata di Jabar harus dibarengi dengan dukungan dari pemerintah daerah sendiri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merencanakan akan mengubah Jabar sebagai provinsi pariwisata. Sebab Jabar dinilai memiliki banyak potensi juga akan meningkatkan perekonomian warga setempat.

Dalam visinya yang dirancang bersama UU Ruzhanul Ulum selaku Wakil Gubernur Jabar pada 2019 mendatang akan banyak gebrakan dan program untuk Jabar Juara Lahir Batin. Dengan istilah 'Ngabret' ini semua masalah akan dicarikan solusinya.

Berbicara pariwisata, Kang Emil sapaannya mengatakan akan mengubah Jabar sebagai Provinsi Pariwisata dalam komitmennya selama 5 tahun menjabat dengan tiga strategi. Yakni tipe satu memperbaiki akses destinasi, tipe dua membuat destinasi, dan tipe tiga dengan mengundang investasi untuk pariwisata Jabar.

"Pariwisata tipe satu memperbaiki akses. Misal ada Tebing Keraton, tempatnya bagus aksesnya jelek misalkan. Kita investasi perbaikan aksesibilitas. Ada puluhan air terjun yang bagus di Jabar tapi aksesnya berjibaku dengan lumpur, jalan berbatu dan lainnya," jelas Kang Emil di Gedung Sate Bandung, Kamis (1/11).

Sebelumnya Kang Emil memposting satu destinasi tipe dua yakni Gunung Padang yang ada di Kabupaten Cianjur. Destinasi ini merupakan situs megalitikum dunia namun keberadaanya tidak ditata dan dikelola secara profesional. Maka Pemerintahan baru rencanakan mengelola situs tersebut agar tidak adanya kerusakan.

"Situs Megalitikum Dunia di Gunung Padang di Kabupaten Cianjur tahun depan akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jabar, agar tidak semakin rusak atau terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan. Situs ini menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu yang harus dilestarikan secara baik. Semoga akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal seperti kawasan Candi Borobudur. KARENA bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. #JABARJUARA," tulis @ridwankamil dalam keterangan unggahan instagramnya.

Tak hanya Gunung Padang, Kang Emil pun menyebut beberapa deatinasi yang akan ditata ulang agar lebih menarik dan dikunjungi para wisatawan. Diantaranya Gedung Sate, Kawasan Kalimalang, Waduk Darma Kuningan, Situ Ciburuy, Situ Bagendit, dan lainnya.(ona/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA